PENGARUH MOTIVASI DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MUARA KELINGI KABUPATEN MUSI RAWAS

  • Mursina Mursina Magister Manajemen STIE MURA
  • Mulyadi Mulyadi Magister Manajemen STIE MURA
Keywords: Motivasi, Budaya Kerja

Abstract

Pendidikan sangat penting dan menduduki posisi sentral dalam pembangunan karena berorientasi pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. Makna pendidikan terletak pada bagaimana kualitas Sumber Daya Manusia senantiasa melestarikan nilai-nilai luhur sosial budaya yang telah memberikan bukti sebagai perjalanan suatu sejarah bangsa. Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang dapat dikatakan sebagai wadah dalam mencapai tujuan pembangunan Nasional. Keberhasilan pendidikan di sekolah tergantung pada Sumber Daya Manusia yang ada di sekolah tersebut yaitu kepala sekolah, guru, siswa, pegawai tata usaha, dan tenaga pendidik, kependidikan dan sebagainya. Selain itu harus didukung pula oleh sarana dan prasarana yang memadai. Untuk membentuk manusia yang sesuai dengan tujuan pembangunan Nasional, yang pada hakekatnya bertujuan meningkatkan kualitas manusia dan seluruh masayarakat Indonesia yang maju, modern, berdasarakan Pancasila, maka dibutuhkan tenaga pendidik yang berkualitas. Penelitian ini bertipe asosiatif, dan hasil penelitian menunjukkan Motivasi dan budaya kerja berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja guru di sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas dengan Fhitung sebesar adalah 65.036> Ftabel = 3,28 dan tingkat kemaknaan secara simultan signifikansinya adalah 0,000 < (α) = 0,05 df = n – k = 38 - 2 – 1 = 35 adalah sebesar 3,28 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian menjelaskan Bahwa variabel motivasi (X1) terhadap kinerja guru di sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas menunjukan nilai thitung = 8,361 lebih besar dari nilai ttabel 2,000 dengan tingkat signifikan = 0,000 < (α) 0.05, df (n-2) 38 – 2 = 36 adalah sebesar 2,021, hal ini menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima dan secara parsial variabel motivasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru di sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas.dan terakhir menunjukkan Bahwa variabel budaya kerja (X2) terhadap kinerja guru disekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas menunjukan nilai thitung = 9.641 lebih besar dari nilai ttabel 2,000 dengan tingkat signifikan = 0,000 < (α) 0.05, df (n-2) 38 – 2 = 36 adalah sebesar 2,021, hal ini menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima dan secara parsial variabel budaya kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru di sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas.

References

Arikunto, Suharsimi (2013) Prosedur Penelitian. PT. Rineka Cipta.Jakarta.
CHR. Jimmy L. Gaol. (2014). Human Capital Manajemen Sumber Daya Manusia, Konsep, Teori, dan Pengembangan Dalam Konteks Organisasi Publik dan Bisnis.
Hanggraeni(2012)Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Hamzah B. Uno (2016) Teori Motivasi & Pengukurannya. Cetakan keempat belas. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Irham Fahmi (2015)Manajemen Kinerja, Cetakan Keempat. Cv. Alfa Beta. Bandung.
Irham Fahmi (2016)Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep & Kinerja, Edisi Pertama. Mitra Wacana Media.Jakarta.
Ismail Nawawi Uha (2015) Budaya Organisasi Kepemimpinan dan Kinerja. Cetakan kedua, Percetakan PT. Adhitya
Andrebina Agung. Jakarta. Jurnal, Mishan (2014) “Pengaruh Motivasi Kerja Guru Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Di Kota Sibolga” (The Influence Of Teacher Working Motivation And Organization Culture On Teachers’ Performance At The State Senior High Schools In Sibolga) Program Pascasarjana Universitas Terbuka Graduate Studies Program Indonesia Open University.
Jurnal Sapto Armin Wibowo (2014)“Hubungan Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja dengan Kepuasan Kerja Guru SD di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang”. Jurnal Gusti Ayu Riska Riyanti1, I Gde Adnyana Sudibya, (2014) Dengan
Judul Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Pada RSU Dharma Usada.
Marwansyah. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan kedua. CV. Alfabeta. Bandung.
Supardi (2014) Kinerja Guru. Cetakan kedua. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sunyoto, Danang. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan kesatu. : PT. Buku Seru.Jakarta.
Suparyadi (2015)Manajemen Sumber Daya Manusia Menciptakan Keunggulan Bersaing Berbasis Kompetensi SDM. Yogyakarta, CV. Andi Offset.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).CV. Alfabeta Bandung.
Sugiyono (2012)Metodelogi Penelitian. CV. Alvabeta.Bandung.
Triguno, Dipl. Ec.; LLM (2014) Budaya Kerja, PT. Golden
Terayon Press. Tubagus Achmad Darodjat (2015) Pentingnya Budaya Kerja Tinggi dan Kuat Cetakan Kesatu. PT. Refika Aditama.
Bandung. Veithzal Rivai dan Ella Jauvani
Sagala. (2012).Manajemen Sumber Daya Manusia.Cetakan ketiga.PT. Raja Grafindo Persada.Jakarta. Wibowo (2011)Manajemen Kinerja.Edisi Keempat. PT. Raja Grafindo.Jakarta.
Wibowo (2014)Manajemen Kinerja.Edisi Keempat. PT. Raja Grafindo.Jakarta
Published
2018-06-11