PENERAPAN VIRTUAL ROUTING FORWARDING DAN ROUTE LEAKING UNTUK ROUTING IP ADDRESS DAN SUBNET YANG SAMA PADA MIKROTIK DI STMIK MUSIRAWAS LUBUKLINGGAU

Main Article Content

M. Agus Syamsul Arifin

Abstract

Dalam mengkonfigurasi IP Address di interface perangkat router ketika melakukan Routing harus menggunakan IP Address yang memiliki subnet berbeda pada dua atau lebih interface router. Hal ini dikarenakan kerena setiap interface secara default ditujukan untuk keperluan routing yaitu menghubungkan network yang berbeda subnet. Jika menambahkan dengan IP address dengan subnet yang sama di lebih dari satu interface router maka akan mengakibatkan pembacaan rule routing pada system router menjadi kacau. pada kondisi tertentu membutuhkan untuk memasang 2 network dengan satu subnet pada lebih dari satu interface router. Untuk kebutuhan tersebut sebenarnya dapat dilakukan dengan menggunakan Virtual Routing Forwarding dan Router Leaking. Dengan menggunakan teknik ini dapat mengkonfigurasi IP Address yang satu subnet di lebih dari satu interface router. Namun antar network ini terpisah dalam penggunaan tabel routing. Secara default router akan mengunakan FIB (Forwarding Information Base) dengan tabel Routing 'Main'. Sedangkan untuk VRF akan membuat sebuah tabel baru dan tidak terhubung secara langsung dengan tabel routing 'Main'.

Article Details

Section
Article

References

Hallberg, Bruce. 2001. Networking: A beginner Guide, Second Edition.

McGraw-Hill. California Jogiyanto. 2005. Analisis dan DesainSistem. Yogyakarta :Penerbit Andi

Madcom. 2009. Membangun SistemJaringan Komputer. Yogyakarta : Andi.
Cisco, 2014. Virtual Routing and Forwarding. http://www.cisco.com/c/en/us/td/docs/net_mgmt/active_network_abstraction/3-7/reference/guide/ANARefGuide37/vrf.html.