APLIKASI PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR SEPAK BOLA BERBASIS ANDROID

Main Article Content

Rais Firlando
Aren Frima
Lukman Sunardi

Abstract

Dalam dunia pendidikan dan pengajaran, untuk menarik minat dan menambah pengetahuan serta pehamahaman siswanya, tentunya harus memiliki inovasi dan kreatifitas untuk meningkatkan prestasi belajar siswanya terutama dalam pembelajaran teknik dasar sepak bola. Untuk menjawab tantangan tersebut, peneliti akan membuat suatu model media pembelajaran berbasis android untuk pembelajaran teknik dasar sepak bola di SMP Ar Risalah Lubuklinggau. Pemilihan media pembelajaran berbasis android ini dikarenakan siswa dan guru sudah familiar dengan penggunaan mobile gadget berbasis android. Dalam perancangannya, peneliti melakukan pendekatan metode pengembangan sistem prototype.Tahapan perancangan awal dimulai dengan analisis kebutuhan data, kemudian dilanjutkan dengan membangun desain prototype sistem dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML). Untuk perancangan prototype sistem menggunakan bahasa pemrograman Java dengan IDE Android Studio. Hasil akhir dari sistem ini adalah purwarupa (Prototype) aplikasi media pembelajaran teknik dasar sepakbola berbasis android.


 

Article Details

Section
Article

References

[1] H. Marvin, “Pengembangan Aplikasi PENJAS- PEDIA Pada Smartphone Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Kelas VII di SMP N 1 Bangkalan,” vol. 1, no. November, pp. 28–33, 2018.
[2] J. Jusrianto, A. Zahir, and A. Muthmainnah, “Pembuatan Aplikasi Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Berbasis Android pada SMA Negeri 5 Palopo,” vol. 2014, pp. 73–83, 2019.
[3] Khairunnisa, “Aplikasi Media Pembelajaran Olahraga Bola Basket Menggunakan Adobe Flash,” Query J. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 78–85, 2019.
[4] Sucipto and Dkk, Sepakbola. Jakarta: Depdikbud Dikti, 2000.
[5] Sukatamsi, Teknik Dasar Bermain Sepakbola. Solo: Tiga Serangkai, 2001.
[6] A. Arsyad, Media Pembelajaran, 16th ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.
[7] Usman, Media Pembelajaran, 1st ed. Jakarta: Ciputat Press, 2002.
[8] S. N, Android Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Penerbit Informatika, 2011.