Abstract

Dalam Kantor Pertanahan Kota Lubuklinggau pada pengolahan sertifikat tanah sudah menggunakan suatu aplikasi yang baik dan bahkan sudah menggunakan jaringan sehingga data yang di masukan sudah dapat dikirim ke Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sumatera Selatan bahkan ke BPN pusat. Kemajuan teknologi tersebut akan berdampak pincang apabila sistem penerimaan berkasnya masih menggunakan sistem biasa yaitu microsoft word dan microsoft excel, maka dari itu penulis akan membuat suatu sistem informasi penerimaan berkas dalam pembuatan sertipikat tanah pada Kantor Pertanahan Kota Lubuklinggau.
Pembuatan sistem informasi ini menggunakan perangkat lunak yaitu menggunakan program delphi 7.0 dengan tempat penyimpanan data pada microsof acess dan studi kasusnya pada Kantor Pertanahan Kota Lubuklinggau. Adapun proses pelaksanaannya sistem informasi ini di lakukan pada proses penerimaan berkas. Dengan adanya sistem ini kita dapat mengurangi tingkat kesalahan serta data dapat di masukan dengan cepat dan menghasilkan informasi yang lebih akurat.
Sistem informasi ini dapat menyajikan laporan – laporan dengan akurat serta serta memiliki kemampuan untuk mencari data pemohon dengan cepat, sehingga sistem informasi ini lebih terasa manfaatnya di bandingkan dengan sistem aktual.