Abstract

Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan Hannafin & Peck  Model pada aplikasi animasi pembelajaran teori graph berbasis Android pada Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam untuk menekan keefektifan proses pembelajaran dan mengukur hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi bahwa dalam  penelitian ini pembelajaran masih menggunakan media slide dan papan tulis pada proses belajar tentunya akan menurangi keefektifan dalam mengajar dan memakan waktu yang cukup lama yang membuat mahasiswa kurang tertarik untuk belajar pada saat pembelajaran berlangsung. Aplikasi ini di kembangkan dengan menggunakan software Adobe Flash Professional CS6 untuk pembuatan aplikasi dan Xampp sebagai software server yang terhubung ke database MySql. Penelitian ini menggunakan metode  pengembangan sistem Hannafin & Peck Model  karena lebih mudah dipahami dan mempunyai tahapan pengembangan produk penelitian yang baik sesuai dengan penelitian ini. Berdasarkan hasil uji coba dengan expert review didapatkan nilai rata-rata 4,3 dengan kategori sangat valid dan berdasarkan uji field test (uji alpa dan beta ) didapatkan hasil pretest dan posttest rata-rata mahasiswa menghasilkan nilai 86,0 dengan kategori tinggi. Berdasakan uji yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar meningkat setelah menggunakan aplikasi yang telah dibuat.