Abstract

Sistem pelayan pengajuan pinjaman, merupakan sistem yang dirancang untuk membantu dalam pelayanan pinjaman dan pencataan data anggota pada koperasi simpan pinjam Lestari Lubuklinggau yang selama ini pengolahanya hanya menggunakan paket aplikasi Microsoft word dan Microsoft excel. Perancang sistem menggunakan bahasa pemrograman Delphi 7 dan pengujian dilakukan dengan menggunakan metode pengujian sistem blackbox.
Didalam sistem ini disediakan 5 form yang mempunyai fungsi masing-masing yaitu form anggota yang digunakan untuk mengolah data anggota, form agunan yang digunakan untuk mengolah data agunan, form pendaftaran peminjaman yang digunakan untuk mengolah data calon peminjam, form survei yang digunakan untuk mengolah data hasil survei oleh karyawan dan form pencairan pinjaman yang digunakan untuk mengolah data pencairan pinjaman nasabah koperasi simpan pinjam Lestari Lubuklinggau.
Setelah dilakukan pengujian, hasil yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan penulis yakni mempercepat proses kerja dan mempermudah dalam mengolah data nasabah koperasi simpan pinjam Lestari Lubuklinggau.