Abstract

Perkembangan teknologi dewasa ini semakin maju, kemajuan teknologi informasi dapat dilihat dengan digunakannya komputer sebagai alat bantu yang mutakhir yang bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia, sehingga waktu yang digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan lebih cepat dan lebih efisien.
Salah satu Instansi yang banyak mengolah data adalah Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau. Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau dikepalai oleh seorang Kepala Dinas dan dibantu oleh Kesekretariat dan 4 (empat) Bidang yang masing-masing mengelola data, diantaranya Bagian Kepegawaian mengelola data tentang Guru dan pegawai secara keseluruhan yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau. Di Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau terdapat seksi data dan informasi di bawah bidang bina program, data guru dan pegawai Kota Lubuklinggau terkumpul di seksi tersebut. Proses pengumpulan data masih dilakukan secara manual, sedangkan pengelolaan data guru dan pegawai di bagian tersebut telah menggunakan tekhnologi perangkat lunak Microsoft Excel.
Adapun permasalahan yang timbul dari penelitian ini adalah Bagaimana Membuat Aplikasi Pengolahan Data Guru Pada Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau Dengan Menggunakan Bahasa Pemograman Microsoft Visual Basic Versi 6.0 ?. Dari Pembuatan Aplikasi Pengolahan Data Guru ini dapat menangani dan mengolah data-data yang berhubungan dengan guru secara keseluruhan dengan cepat dan akurat serta dapat menghindari kesalahan dalam pengolahan data guru.