APLIKASI PENGOLAHAN DATA GURU PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA LUBUKLINGGAU DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMOGRAMAN VISUAL BASIC VERSI 6.0.

Main Article Content

Rusdiyanto Rusdiyanto

Abstract

Perkembangan teknologi dewasa ini semakin maju, kemajuan teknologi informasi dapat dilihat dengan digunakannya komputer sebagai alat bantu yang mutakhir yang bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia, sehingga waktu yang digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan lebih cepat dan lebih efisien.

Salah satu Instansi yang banyak mengolah data adalah Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau. Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau dikepalai oleh seorang Kepala Dinas dan dibantu oleh Kesekretariat dan 4 (empat) Bidang yang masing-masing mengelola data, diantaranya Bagian Kepegawaian mengelola data tentang Guru dan pegawai secara keseluruhan yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau. Di Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau terdapat seksi data dan informasi di bawah bidang bina program, data guru dan pegawai Kota Lubuklinggau terkumpul di seksi tersebut. Proses pengumpulan data masih dilakukan secara manual, sedangkan pengelolaan data guru dan pegawai di bagian tersebut telah menggunakan tekhnologi perangkat lunak Microsoft Excel.       

            Adapun permasalahan yang timbul dari penelitian ini adalah Bagaimana Membuat Aplikasi Pengolahan Data Guru  Pada Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau Dengan Menggunakan Bahasa Pemograman Microsoft Visual Basic Versi 6.0 ?. Dari Pembuatan Aplikasi Pengolahan Data Guru ini dapat menangani dan mengolah data-data yang berhubungan dengan guru secara keseluruhan dengan cepat dan akurat serta dapat menghindari kesalahan dalam pengolahan data guru

Article Details

Section
Article

References

Andi, 2004. Panduan Praktis Pemograman Visual Basic 6.0 Tingkat Lanjut Edisi II. Yogyakarta : Wahana Komputer

Daryanto, 2003, Belajar Komputer Visual Basic. Bandung : CV. Yrama Widya

Fathayansyah. 2001. Basis Data Cetakan Ketiga. Informatika, Bandung, Indonesia

Gordon B. Davis 2002, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian I Pengantar. Jakarta : PT. Pustka Binaman Pressindo

Hardaniwati, Menuk. 2003. Kamus Pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Jakarta : Pusat Bahasa

Kristanto, Andi, 2008. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, Yogyajarta : Gava Media
Pansa,Ami, 2009. Perancangan dan Implementasi Sistem Penerimaan Siswa Baru SMA Negeri 2 Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas.

Priyono, 2002. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyajarta : Gava Media

Supriyadi Eko, 2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Klaten : Sinar Mandiri