Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif hasil ketercapaian pembelajaran siswa/siswi SMK N 1 INTAN, yang diajar menggunakan bantuan gambar, audio visual (media), dan hasil belajar siswa-siswi yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas 12 SMK N 1 INTAN mata pelajaran Teknik Komputer Jaringan pada tahun 2018/2019, yang dibagi menjadi kelompok coba (eksperimen) dan kelompok kontrol. setiap kelompok terdiri dari 17 siswa-siswi (8 laki-laki dan 9 perempuan) dan kelompok control 16 siswa-siswi (9 laki-laki dan 7 perempuan), yang ditetapkan secara random (acak). kelompok coba eksperimen yang menggunakan bantuan gambar, audio-visual, sedangkan kelompok kontrol yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional (teknik menghapal). Prestasi siswa dalam belajar Teknik computer jaringan (tkj) dievaluasi dengan menggunakan tes kognitif, afektif dan psikomotorik. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil pembelajaran teknik computer jaringan siswa yang diajar dengan menggunakan alat bantu gambar audio-visual berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil pembelajaran teknik computer jaringan siswa yang signifikan dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan media audio-visual dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode konvensional, di mana hasil belajar siswa diajarkan dengan menggunakan media gambar, audio-visual ( 16.25) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional (9.25) implikasi dari temuan penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran yang diajarkan guru tidak harus terimplikasi hanya pada catatan, ceramah, dan lks. Guru harus memungkinkan untuk menerapkan media berbasis teknologi dalam pengajaran, sebagai bantuan gambar, audio-visual (media), powerpoint, diskusi. sehingga hasil belajar secara optimal, terutama untuk pembelajaran bidang teknik computer jaringan


Kata kunciAudio-visual, kognitif, TKJ, efektivitas


Abstract
This study aims to determine how effective the results of learning achievement of students of SMK N 1 INTAN, who are taught using the help of images, audio visual (media), and learning outcomes of students taught using conventional methods. The subjects of the study were 12th grade students of INTAN VOCATIONAL SCHOOL 1, Computer Network Engineering subjects in 2018/2019, which were divided into experimental groups and control groups. each group consisted of 17 students (8 males and 9 females) and a control group of 16 students (9 males and 7 females), who were assigned randomly. the experimental group used the help of images, audio-visuals, while the control group was taught using conventional methods (memorization techniques). Student achievement in learning Computer network engineering (tkj) was evaluated using cognitive, affective and psychomotor tests. Based on descriptive analysis shows that the results of network computer learning techniques students who are taught using audio-visual image aids are in the very high category, while students taught with conventional approaches are in the high category. The results showed that there were significant differences in the results of student computer network learning techniques compared to students taught by using audio-visual media compared to students taught using conventional methods, where student learning outcomes were taught using picture, audio-visual media (16.25 ) higher than the student learning outcomes taught using the conventional method (9.25) the implication of the findings of this study is that the learning methods taught by the teacher do not have to be implicated only in notes, lectures, and texts. Teachers must make it possible to apply technology-based media in teaching, as an aid to images, audio-visual (media), powerpoint, discussion. so that learning outcomes are optimal, especially for learning computer network engineeringKeywords— Audio-visual, cognitive, TKJ, effectiveness