PERANCANGAN MANAJEMEN HOTSPOT DENGAN APLIKASI CAPTIVE PORTAL PADA JARINGAN WIRELESS (STUDI KASUS : DI SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER MUSI RAWAS LUBUKLINGGAU)

Main Article Content

Novi Lestari

Abstract

Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer Musi Rawas Lubuklinggau (STMIK-MURA Lubuklinggau) saat ini sudah menyediakan layanan hotspot yaitu sebuah area dimana pada area tersebut tersedia koneksi internet wireless yang dapat diakses melalui Notebook, Personal Digital Assistant (PDA) maupun perangkat lainnya yang mendukung teknologi tersebut. Oleh sebab itu diperlukan sistem autentikasi, user management dan monitoring jaringan hotspot untuk memaksimalkan layanan tersebut, diharapkan ketika komputer atau notebook mengakses hotspot akan muncul window login yang mengharuskan user mendaftar dan login terlebih dahulu sebelum memakai hotspot, jadi hanya yang punya account saja yang bisa menggunakan fasilitas ini. Sehingga dengan demikian maka administrator dapat lebih mudah dalam mengatur dan mengawasi pengguna jaringan Wireless Lokal Area Network/Wireless LAN (Hotspot). Penelitian ini bertujuan untuk membuat autentifikasi server pada jaringan Wireless LAN (Hotspot) menggunakan Sistem operasi Linux, FreeRADIUS, ChilliSpot, untuk autentifikasi dan identifikasi pengguna Hotspot di Universitas STMIK-MURA Lubuklinggau. Sehingga dari sisi mahasiswa (user) memiliki kemudahan (praktis) dalam hal melakukan hubungan (konektivitas) ke jaringan Wireless LAN dan dari sisi administrator mempunyai media dalam memantau dan mengontrol user-user yang terhubung ke jaringan serta dapat membatasi penggunaan bandwidth.

Article Details

Section
Article

References

Andi. 2005. Menjadi Administrator Jaringan Komputer. Penerbit Andi. Yogyakarta

Arifin, Zaenal. 2007. Mengenal Wireless LAN (WLAN). Penerbit Andi. Yogyakarta

Darmariyadi, A. , “Remote Access Dial-In User Service dan Aspek Keamanannya”, Laporan Akhir EC7010 Institut Teknologi Bandung, 2003, http://www.cert.or.id/~budi/courses/ec7010/2003/index.html (diakses 19 Mei 2011)

H. Ventura, “DIAMETER Next Generation’s AAA Protocol”, Master Thesis information Theory, Linköpings University, 2002, http://www.divaportal.org/liu/abstract.xsql?dbid=1195 (diakses 19 Mei 2011)

J. Hassel, RADIUS, O’Reilly, 2002 (diakses 7 Juni 2011)
Jhonsen. 2005. Membangun Wireless LAN. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Purbo, O,W. 2006. Buku Pegangan Internet Wireless dan Hotspot. Elex Media Komputindo. Jakarta

S’to. 2007, Wireless Kung Fu Networking & Hacking. Jasakom. Jakarta
Setiawan, S.A. & Febyatmoko, G.S. (2006), Sistem Autentikasi, Otorisasi, dan Pelaporan Koneksi User Pada Jaringan Wireless Menggunakan Chillispot dan Server Radius. SNATI, Yogyakarta. (diakses 19 Mei 2011)
Sudiarta, P.A. (2010), Implementasi Sistem Autentikasi Jaringan Hotspot Universitas Udayana Dengan Menggunakan Open Source Freeradius, Fakultas Teknik Universitas Udayana, Bali. (diakses 19 Mei 2011)
Teuku Yuliar Arif, Syahrial, dan Zulkiram, “Studi Protokol Autentikasi pada Layanan Internet Service Provider (ISP)”, Jurnal Rekayasa ELektrika: Volume 6 No.1 / April 2007, http://ft-elektro.usk.ac.id/content/view/242/. (diakses 3 Juni 2011)