Abstract

Kehidupan manusia modern khususnya yang tinggal di daerah perkotaan Indonesia biasa mendapatkan air yang disediakan oleh PDAM. PDAM bertugas mendistribusikan air bersih dari berbagai jenis sumber air hingga dapat dinikmati oleh pelanggannya. Adapun sistem pencatatan penggunaan air pelanggan masih dilakukan secara manual. Petugas PDAM setiap bulannya datang ke rumah pelanggan untuk mencatat jumlah penggunaan air berdasarkan indikator meteran air analog yang terpasang di rumah pelanggan kemudian hasil pencatatan diinputkan ke sistem pascabayar. Penerapan sistem pascabayar tidak efisien karena rentan kesalahan. Dibutuhkan sebuah teknologi yang mampu membantu pekerjaan PDAM dengan sistem otomatisisasi guna meningkat efisiensi. Penerapan Teknologi IoT merupakan sebuah solusi karena setiap meteran air dapat terhubung dengan pihak PDAM sehingga dapat dilakukan manajemen kontrol. Sistem prabayar lebih cocok diterapkan karena pelanggan dapat mengatur penggunaan airnya sendiri tergantung dari saldo pulsa air yang dibeli. Didapatkan hasil bahwa sistem telah bekerja dengan baik berdasarkan pengujian yang dilakukan pada fitur yang tersedia.