APLIKASI PENGENALAN MUSIK DAERAH KOTA PAGAR ALAM BERBASIS ANDROID

Main Article Content

Desi Puspita
Siti Aminah

Abstract

TDi Kota Pagar Alam Musik daerah hampir tidak dikenal oleh kalangan anak mudah zaman sekarang. Berdasarkan dari hasil pengumpulan data melalui wawancara dan observasi bahwa dalam penelitian ini pengenalan masih menggunakan media buku, koran dan radio untuk proses mengenalkan berejung tentunya akan mengurangi keefektifan dalam mengenalkan dan memakan waktu yang cukup lama yang membuat generasi muda dan masyarakat kurang tertarik untuk mengenal tentang musik berejung. Penelitian ini bertujuan menghasilkan aplikasi pengenalan musik daerah kota Pagar Alam berbasis Android pada kota Pagar Alam untuk untuk mengenalkan salah satu musik berejung khas Pagar Alam kepada generasi muda dan masyarakat kota Pagar Alam. Aplikasi ini di kembangkan dengan menggunakan software Adobe Flash Professional CS6. Metode pengembangan system dengan Luther (MDLC), Adapun tahapan metode luther yaitu concept, design, Material Collection, Asembly dan testing. Metode luther lebih mudah dipahami dan mempunyai tahapan pengembangan produk penelitian yang baik sesuai dengan penelitian ini. Untuk mengukur tingkat keberhasilan aplikasi ini maka dilakukan uji alpha, dimana hasil validitas produk ahli design dengan rata-rata skor 3,6, ahli materi dengan rata-rata skor 4,4, ahli bahasa dengan rata-rata skor 4,4 dan ahli media dengan rata-rata skor 4 dengan kategori sangat valid. Hasil penelitian yang didapatkan berupa aplikasi pengenalan musik berejung kota Pagar Alam berbasis android yang dapat digunakan untuk membantu mengenal musik daerah sehingga memudahkan memahami khususnya lagu – lagu berejung.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Article

References

[1] N. S. H, Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet Pc Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung, 2012.
[2] H. Ahmadian and S. Safwanda, “Rancang Bangun Aplikasi Lagu Daerah di Indonesia Berbasis Android,” CIRCUIT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 1, no. 2, pp. 80–89, 2017.
[3] D. S. Imam and H. Sismoro, “Rancang Bangun Aplikasi Mobile Sebagai Media Pelestarian Lagu Tradisional Dan Nasioal Indonesia Berbasis Android,” J. Ilm. DASI, vol. 16, no. 1, pp. 40–42, 2015.
[4] J. F. Andry and C. Tjee, “Analisis Minat Mahasiswa Mendengarkan Aplikasi Musik Berbayar Dan Unduhan Musik Gratis,” JBASE - J. Bus. Audit Inf. Syst., vol. 2, no. 2, pp. 9–15, 2019.
[5] Madcoms, Pasti Bisa Belajar Sendiri Adobe Flash Pro CS6. Madiun: Andi, 2017.
[6] A. Mustarin, R. Arifyansah, and M. Rais, “Penerapan Media Pembelajaran Adobe Flash Cs6 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Atph Pada Mata Pelajaran Alat Dan Mesin Pertanian Di Smkn 4 Jeneponto,” J. Pendidik. Teknol. Pertan., vol. 5, no. 1, p. 1, 2019.
[7] Nawassyarif, M. Julkarnain, and K. Rizki Ananda, “Sistem Informasi Pengolahan Data Ternak Unit Pelaksana Teknis Produksi Dan Kesehatan Hewan Berbasis Web,” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 2, no. 1, pp. 32–39, 2020.
[8] A. P. D. Prayogha and M. R. Pratama, “Implementasi Metode Luther untuk Pengembangan Media Pengenalan Tata Surya Berbasis Virtual Reality,” BIOS J. Teknol. Inf. dan Rekayasa Komput., vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2020.