SISTEM SMART PARKING MENGGUNAKAN ULTRASONIK SENSOR

Main Article Content

Rudi Kurniawan
Antoni Zulius

Abstract

Abstrak

Kebutuhan akan halaman parkir Tentunya menjadi fasilitas utama di suatu perkantoran. Ketika sedang banyak pengunjung yang datang, halaman parkir menjadi penuh. Terkadang juga ada halaman parkir yang tampak penuh di depan, tetapi kosong di belakang. Hal ini menjadi suatu permasalahan, karena ketidaktahuan pengunjung, maka banyak pengunjung Kantor Kecamatan yang memarkir kendaraannya di luar halaman parkir Kecamatan. Kejadian seperti ini dapat kita atasi dengan memberikan suatu tanda yang dapat menjadi indikator apakah ada lahan parkir yang kosong atau tidak. Sistem seperti ini dapat dirancang dengan menggunakan suatu kontrol otomatis dengan meletakkan sensor di tempat parkir. Sensor yang digunakan dapat berupa Ultrasonik Sensor. Sensor ini sangat sensitif terhadap pergerakan. Perubahan gerak yang dirasakan oleh sensor dapat mengirimkan sinyal ke modul kontrol arduino untuk segera diproses dan dikirimkan ke lampu indikator LED.

 

Kata kunciArduino, Ultrasonic Sensor, Smart Parking

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Article

References

[1] Maulidar, S.R 2014, Smart Car Parking System Pada Apartemen Menggunakan Teknologi Near Field Communication (Nfc), Tugas Akhir. Universitas Widyatama.
[2] Kadir, A 2015, Buku Pintar Pemrograman Arduino, Penerbit Mediacom, Yogyakarta.
[3] Malvino A.P 2013, Prinsip-Prinsip Elektronika, Salemba. Teknika, Jakarta.
[4] Rusmady, D 2013, Mengenal Komponen Elektronika, Pionir Jaya, Bandung.
[5] Pressman, R 2013, Software Enginering (A Practitioner’s Approach), McGraw-Hill Higher Companies. Seventh Edition, New York

Most read articles by the same author(s)