Abstract

Abstrak


Pada awalnya PT. MULIA ANDALAN GEMILANG menyimpan stok barang di gudang dengan pencatatan manual atau masih mencatat kedalam kertas dan buku. Pencatatan meliputi data barang masuk dari supplier dan data barang keluar sebagai barang terjual kepada Custommer.


            Dengan proses pencatatan data yang tradisional itu perusahaan mengalami banyak kerugian, di antaranya kesalahan dalam perhitungan stok barang secara manual dan pembuatan laporan juga terlambat.


Untuk meningkatkan kinerja operasi perusahaan maka perlu adanya pengembangan dan perbaikan sistem pada stok gudang, yaitu menerapkan teknologi komputer secara keseluruhan dalam pencatatan stock gudang tersebut, maka pembuatan program berbasis web sebagai cara yang lebih efektive dan efisien. Hal ini juga akan dapat menghemat waktu pemrosesan data dan cenderung lebih cepat dalam pembuatan laporan data stok barang masuk dan stok keluar.


Kelebihan sistem juga dapat memudahkan bagi pemilik untuk melihat jumlah stok di gudang dari internet. Perancangan system yang diterapkan dalam penelitian ini digunakan metode pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan studi literatur. Penyusunan aplikasi meliputi tahapan pengembangan yang mencakup analisis kebutuhan, pembuatan diagram alir data dengan Uml Modeling juga bahasa pemrograman berbasis WEB yaitu PHP dan MySqli. Untuk Pengujian sistem digunakan Black Box dan pengujian  Alpha.