Sistem Informasi Harga Sembilan Bahan Pokok Berbasis Web Mobile Pada Kantor Ketahanan Pangan Kota Lubuklinggau

Main Article Content

Muhammad Nur Alamsyah

Abstract

Kantor Ketahanan Pangan kota Lubuklinggau merupakan salah satu instansi pemerintahan pada kota Lubuklinggau yang membidangi lingkup tanaman pangan, pertanian, perkebunan dan kehutanan, pada Kantor Ketahanan Pangan kota Lubuklinggau, pada tiap 1(satu) minggu 1(satu) kali Kepala Cabang Dinas (KCD) dituntut untuk melaporkan perkembangan harga pangan pokok (HPP) kepada Dinas Pusat dan selanjutnya diinformasikan kepada masyarakat, adapun dalam penyampaian Informasi Harga Pangan Pokok Kantor Ketahanan Pangan kota Lubuklinggau masih menggunakan cara sederhana yaitu dengan menyalin ulang data hasil survey ke dalam blangko yang disediakan dan pembuatan laporan dengan menggunakan bantuan paket program pengolah angka Microsoft Excel. sedangkan penyampaian hasil survey masih secara langsung yaitu Kepala Cabang Dinas langsung datang ke Kantor Ketahanan Pangankota Lubuklinggau. Oleh sebab itu akan lebih baik jika proses tersebut dibantu dengan suatu sistem informasi harga sembilan bahan pokok, sistem yang berbasis online ini nantinya akan mempermudah dalam penyampaian hasil survey, pengolahan data dan penyampaian informasi ke masyarakat, dan untuk membangun sistem informasi ini harus melalui proses pendefinisian masalah, Studi kelayakan, Rancangan sistem, Desain dan Implementasi sistem.

Article Details

Section
Article

References

Ichwan, M, 2011. Pemrograman Basis Data Delphi7 & MySQL,Bandung: Penerbit Informatika Bandung.

MADCOMS, 2011. Aplikasi Web Database Dengan Dreamweaver dan PHP – MySQL, Yogyakarta: Penerbit C.V ANDI OFFSET.

Nugraha, Rikky Wisnu, 2014. Perangkat Lunak Sistem Perhitungan Dasar Harga Pokok Produksi (HPP) Percetakan Buku Dengan Menggunakan Metode Activity Based Costing Berbasis Website.

Pratama, I Putu Agus Eka, 2014. Sistem Informasi dan Impelementasinya, Bandung: Penerbit Informatika Bandung.

Rosa A.S, M. Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek, Bandung: Penerbit Informatika Bandung.

Rosa A.S, M. Shalahuddin. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek, Bandung: Penerbit Informatika Bandung.

Sutabri Tata, 2012. Analisis Sistem Informasi, Yogyakarta: Penerbit CV ANDI OFFSET.

Sandi, Mulyana, 2014. Bikin Website Dengan Aplikas – Aplikasi Gratis Cepat, Mudah, & Murah, Yogyakarta: Penerbit Mediakom.

Sutabri Tata, 2012. Konsep Sistem Informasi, Yogyakarta: Penerbit CV ANDI OFFSET.

Utomo, Eko Priyo, 2013. Mobile Web Programming – HTML5, CSS3, JQuery Mobile, Yogyakarta: Penerbit C.V ANDI OFFSET.