Abstract

Aceh sebagai salah satu provinsi di indonesia yang terletak strategis dikawasan selat malaka yang merupakan jalur pelayaran internasional serta didukung dengan kekayaaan alam, pesona budaya daerah, keunikan sejarah dan peninggalan tsunami. untuk menentukan objek pariwisata yang sedang tren kebanyakan masyarakat mengetahuinya dari penduduk sekitar dan juga menggunakan salah satu media sosial twitter. twitter dapat dijadikan sumber data yang nantinya dapat digunakan untuk menentukan tren yang berkembang pada objek-objek pariwisata.


Algoritme SVM (Support Vector Machine) dapat digunakan untuk menentukan tren objek pariwisata dengan cara mengklasifikasikan data twitter kedalam beberapa kelas kategori pariwisata kemudian ditentukan beberapa keyword agar dapat digunakan untuk menentukan beberapa objek pariwisata. hasil klasifikasi tersebut adalah jumlah tweet dari setiap kategori dan objek wisata yang menunjukkan kepopuleran. setelah itu sistem visualisasi data akan mengubah hasil klasifikasi tersebut menjadi bentuk grafik dan gambar yang mudah dipahami.


dari keseluruhan tweet yang diperoleh, wisata keluarga memiliki persentase jumlah tweet 31%, wisata alam 19,87%, wisata kuliner 19,04%, taman kota 15,34% museum dan sejarah 10,55% dan desa wisata 4,10%. objek wisata dengan kepopuleran tertinggi di dalam masing-masing kategori secara berurutan sesuai urutan kategori wisata yaitu: Masjid raya baiturrahman, sabang, pantai lampuuk, museum tsunami dan mie aceh. sedangkan objek wisata terendah dari tiap kategori adalah taman sari gunongan, air terjun kuta malaka, takengon, museum aceh dan rujak aceh.