PENCARIAN TEMPAT IBADAH TERDEKAT MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA

Main Article Content

Bagas lutfi Ainur Rofiq
Herny Februariyanti
Jati Sasongko Wibowo
Zuly Budiarso

Abstract

Tempat ibadah merupakan suatu sarana masyarakat untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sering kali para pendatang ketika mau beribadah tidak tahu keberadaan tempat ibadah tersebut. Untuk mengetahui lokasi tempat ibadah biasanya para pendatag dengan bertanya kepada masyarakat setempat. Pencarian jalur terpendek merupakan suatu problematika dalam sistem yang mengacu pada titik awal dan titik akhir. Tidak terkecuali sistem untuk mencari tempat ibadah terdekat. Sistem tersebut menggunakan algoritma dijkstra yang memang diperuntukan untuk mencari rute terdekat. Dalam rancangan aplikasi berbasis Web ini untuk mengetahui tempat ibadah dan rute terdekat nantinya akan di tampilkan peta, fitur unggulan dari aplikasi ini adalah pengoperasiannya dapat mencari lokasi tempat ibadah terdekat dari posisi penggunanya saat itu dan juga sistem ini memberikan panduan jalan yang di lewati pengguna menggunakan metode dijkstra. penelitian ini bertujuan agar para pengguna tidak kesulitan dalam mencari jalur untuk menuju lokasi tempat ibadah tersebut

Article Details

Section
Article

References

[1] [1] Retnani, W. E. Y., Istiadi, D. and Roqib, A. (2015) ‘Pencarian SPBU Terdekat dan Penentuan Jarak Terpendek Menggunakan Algoritma DIJKSTRA (Studi Kasus di Kabupaten Jember)’, Jurnal Nasional Teknik Elektro, 4(1), p. 89. doi: 10.25077/jnte.v4n1.132.2015.
[2] Mahendra, D. (2017) ‘Sistem Informasi Geografi Penentuan Jarak Masjid Terpendek Menggunakan Algoritma Djikstra Di Kabupaten Kudus Berbasis Android’, Jurnal DISPROTEK, 8, pp. 42–50.
[3] Fitria and Triansyah, A. (2013) ‘Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Aplikasi Untuk Menentukan Lintasan Terpendek Jalan Darat Antar Kota Di Sumatera Bagian Selatan’, Jurnal Sistem Informasi (JIS), 5(2), pp. 611–621. Available at: http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/article/download/840/430.
[4] Gusmão, A. and Pramono, S. H. (2013) ‘Sistem Informasi Geografis Pariwisata Berbasis Web Dan Pencarian Jalur Terpendek Dengan Algoritma Dijkstra’, 7(2), pp. 125–130.
[5] Sunaryo, M., Ariyanto, Y. and Astuti, E. S. (2016) ‘Aplikasi Pencarian Rute Masjid Terdekat Di Kota Malang Berbasis Android’, Seminar Informatika Aplikatif Polinema, pp. 1–6.
[6] Yusuf, M. S., Az-zahra, H. M. and Apriyanti, D. H. (2017) ‘Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Menemukan Jarak Terdekat Dari Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Menemukan Jarak Terdekat Dari Lokasi Pengguna Ke Tanaman Yang Di Tuju Berbasis Android ( Studi Kasus di Kebun Raya Purwodadi )’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 1(August), pp. 1779–1781.
[7] Fairuz Eka Andiany, W. H. (2018) ‘Implementasi Algoritma Dijkstra Untuk Mencari Rute Terpendek Antar Kantor dan Estimasi Penggunaan Bahan Bakar Kendaraan (studi kasus PT. Telkom Indonesia Regional IV Jateng-DIY)’, Prosiding SENDI_U, pp. 978–979.
[8] Skolastika, C., and Februariyanti, H. (2019). ‘Aplikasi Pencarian Jalur Taman Wifi Gratis Kota Semarang Dengan Menggunakan Algoritma Dijkstra’ , Information Technology and Telematic Vol. 9 No.1 (2019), https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/6770