EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR

Main Article Content

kiky rizky nova wardani
Ratno Jamalludin

Abstract

Pelajaran penjaskes di sekolah banyak menuntut siswa untuk dapat bergerak lebih aktif diluar kelas dibandingkan pembelajaran di dalam kelas. Kondisi global saat ini yaitu dengan adanya pandemic covid 19 menyebabkan pembelajaran di lingkungan sekolah dialihkan kepembelajaran daring, salah satunya dengan memanfaatkan google classroom sebagai media pembelajaran. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pengaruh penggunaan aplikasi google classroom dan google form terhadap kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Indralaya Selatan kelas X (Sepuluh). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif yang dalam peneltian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan regresi logistic ordinal dengan jumlah populasi berjumlah 360 siswa. Teknik purposive sampling digunakan dalam menentukan sampel penilitian sehingga didapatkan jumlah 60 siswa sebagai sampel. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan tes objectif, wawancara, kuesioner, Pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa: (1) terdapat efektivitas pengaruh positif yang sangat signifikan dalam penggunaan google classroom terhadap kualitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran penjaskes kelas Xa dan Xb di SMK N 1 Indralaya Selatan dengan nilai t hitung> t tabel (2.357 > 2.045) dan nilai signifikansi 0.025. Artinya penggunaan google classroom dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran penjaskes kelas X di SMK N1 Indralaya Selatan. (2) terdapat pengaruh positif signifikan penggunaan google classroom terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran  penjaskes kelas X di SMK N1 Indralaya Selatan sebesar e 0.892= 2.44 kali dengan signifikansi 0.016. Artinya penggunaan aplikasi google classroom memiliki pengaruh signifikan sebesar 2.44  terhadap hasil belajar siswa.

Article Details

Section
Article

References

[1] M. V. Domenico Cucinotta, “Who Declares COVID-19 a Pandemic,” National Library Of Medicine, 2020.
[2] M. Mustakim, “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika,” Al asma J. Islam. Educ., vol. 2, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.24252/asma.v2i1.13646.
[3] S. R. C. Tri, “Pengaruh Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Dengkek 01 Pati Selama Masa Pandemi Covid-19,” EduPsyCouns J. Educ. Psychol. Couns., vol. 2, no. 1, pp. 424–437, 2020, [Online]. Available: https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/500.
[4] N. S. Hanum, “Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto),” J. Pendidik. Vokasi, vol. 3, no. 1, pp. 90–102, 2013, doi: 10.21831/jpv.v3i1.1584.
[5] A. B. Kusuma and W. Astuti, “Analisis Penerapan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Google Classroom,” J. Lahjah Arab., vol. 1, no. 1, pp. 67–89, 2019.
[6] A. Ghofur, “Using Google Classroom on Inquiry Based Learning To Improve Students ’ Learning Participation,” J. Penelit. Pendidik., vol. 10, no. 2, pp. 1503–1509, 2018, [Online]. Available: http://www.ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jpp/article/download/226/302.
[7] S. A. Hapsari and H. Pamungkas, “Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro,” WACANA J. Ilm. Ilmu Komun., vol. 18, no. 2, pp. 225–233, 2019, doi: 10.32509/wacana.v18i2.924.
[8] E. Nurfalah, “Optimalisasi E-Learning berbasis Virtual Class dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika,” Phys. Educ. Res. J., vol. 1, no. 1, p. 46, 2019, doi: 10.21580/perj.2019.1.1.3977.
[9] A. (SMAN 1 L. Hardiyana, “Implementasi Google Classroom sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah,” Karya Tulis Ilmiah. pp. 13–23, 2015.
[10] O. Oludare Jethro, A. Moradeke Grace, and A. Kolawole Thomas, “E-Learning and Its Effects on Teaching and Learning in a Global Age,” Int. J. Acad. Res. Bus. Soc. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 2222–6990, 2012.
[11] A. B. Hakim, “Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle , Google Classroom Dan Edmodo,” vol. 2, pp. 1–6, 2016.
[12] H. H. Batubara, “Di Prodi Pgmi Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari,” Univ. Islam Kalimantan MAB, vol. 8, no. 1, pp. 40–50, 2016.
[13] M. P. Prof.Dr. Hamzah B.Uno, Model Pembelajaran (Mencipatakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif). Yogjakarta: Bumi Aksara, 2012.
[14] A. Z. Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
[15] I’anatut Thoifah, Statistika Pendidikan dan hipote Penelitian Kuantitatif, Cetakan sa. malang, 2015.
[16] S. Hidayat and dkk, “Pengaruh Pemberian Assessment Essay Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Ekspositori Dan Inkuiri Di Kelas XI IA SMA N 1 Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota,” J. Penelit. Pembelajaran Fis., vol. 1, pp. 1–14, 2012.
[17] A. M. Yusuf, Asesmen dan evaluasi pendidikan : pilar penyedia informasi dan kegiatan pengendalian mutu pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.
[18] R. Kriyantono, Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana, 2006.
[19] I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Undip, 2013.
[20] A. Sugiyono, Metode penelitian pendidikan : (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R n D. Jakarta: Alfabeta, 2008.
[21] S. Arikunto, No Title, Ed. Rev. V. Jakarta: Rineka Cipta 2011, 2011.