PENERAPAN METODE SDLC WATERFALL DALAM SISTEM INFORMASI INVENTORI BARANG BERBASIS DESKTOP

Main Article Content

Wahyu Nugraha
Muhamad Syarif
Weiskhy Steven Dharmawan

Abstract

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada perusahaan De Lapisa Cakes diperoleh bahwa suatu sistem yang diterapkan belum menggunakan teknologi komputerisasi dalam proses kegitannya sehari. Berdasarkan penelitian tersebut penulis mencoba membuat sebuah rancangan aplikasi guna menunjang aktivitas kegiatan perusahaan dengan menggunakan bahasa pemrograman VB.NET. Untuk metode pengembangan software dilakukan dengan menggunakan metode SDLC Waterfall.  Dengan penggunaan aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah dan mempercapat pengaksesan data barang, serta mempermudah pembuatan laporan barang masuk dan keluar dan menghasil kan laporan yang jauh lebih baik. Selain itu dapat membantu mengontrol kapasitas gudang penyimpanan stok. Hasil pengamatan dari penelitian yang telah dilakukan pada perusahaan De Lapisa Cakes, diketahui bahwa sistem pencatatan persediaan barang belum terkomputerisasi. Media kertas merupakan alat yang digunakan untuk mencatat setiap transaksi pada perusahaan tersebut. Akibatnya laporan yang dihasilkan sering terjadi kesalahan karena hilang dan rusaknya bukti transaksi. Berdasarkan permasalahan yang terjadi dibutuhkannya sebuah rancangan system yang terkomputer agar dapat mengurangi humans error pada proses pembuatan laporan maupun proses pencatatan transaksi. Peneliti mengembangkan sebuah rancangan perangkat lunak yang dapat mengatasi permasalahan yang terjadi pada perusahaan De Lapisa Cakes. Rancangan yang dibuat menggunakan bahasa pemrogramman Visual Studio 2010 dan menerapkan metode SDLC Waterfall sebagai metode pengembangan perangkat lunak. Perangkat lunak ini diharapkan dapat mempermudah proses pencatatan transaksi, mengurangi kemungkinan terjadinya humans error, menghasilkan laporan yang lebih baik dengan waktu yang singkat, dan mempermudah management dalam mengambil keputusan dengan adanya laporan-laporan pendukung.

Article Details

Section
Article
Author Biographies

Wahyu Nugraha, AMIK BSI Pontianak, Manajemen Informatika

AMIK BSI Pontianak, Staff Pengajar

Muhamad Syarif, AMIK BSI Pontianak, Manajemen Informatika

AMIK BSI Pontianak, Staff Pengajar

Weiskhy Steven Dharmawan, AMIK BSI Pontianak, Manajemen Informatika

AMIK BSI Pontianak, Staff Pengajar

References

[1] Robert A. Leitch k. Roscoe Davis., Definisi Sistem Informasi. Jogiyanto Hartono, MBA, Ph.D, 1999. Analisis dan Desain. ANDI OFFSET, Yogyakarta.
[2] Holy Icun Yunarto dan Martinus Getty Santika, 2005. Business Concept Implementation Series in Inventory Management. Elex Media. Jakarta
[3] Noviandi dkk. (2012). Perancangan Sistem Informasi Inventori Barang Di Bank Sampah Garut. STT-Garut Vol. 09 No.32 2012.
[4] Rosa A.S, M Shalahudin, (2013). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung, Informatika Bandung.
[5] Jefffery L, Lonnie D, Kevin C. Dittman. 2004. Systems Analysis and Design Methods. 6 edition. McGraw-Hill.
[6] Indrajani, dkk. 2010. “Analisis dan Perancangan Sistem Pemasaran Berbasis Web Pada PT. Dutadharma Utama”. Jurnal Jakarta: Jurusan Sistem Informasi Universitas Binus.
[7] Dagun M. Save..1997.Kamus Besar Ilmu Pengetahuan. Jakarta :Golo Riwu