Perancangan Dashboard Sistem Untuk Penyajian Informasi Tingkat Pelanggaran Disiplin Siswa Pada Smk N 2 Lubuklinggau Berbasis Web

Main Article Content

Hardi Mulyono

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, kebutuhan akan informasi pun sangat diperlukan terlebih lagi informasi yang dihasilkan mengandung nilai yang benar, akurat, cepat, dan tepat sehingga siapapun dan apapun yang menggunakan informasi tersebut dapat menangani berbagai masalah yang terjadi dengan cepat.
Dikota Lubuklinggau terdapat beberapa sekolah baik negeri maupun swasta. Beberapa dari sekolah tersebut dalam meminimalisirkan tingkat pelanggaran disiplin bagi siswanya telah menerapkan beberapa aturan atau tata tertib yang telah disepakati bersama oleh pihak-pihak terkait yang ada disekolah tersebut, tidak terkecuali pada sekolah SMK N 2 Kota Lubuklinggau.SMK N 2 Kota Lubuklinggau dalam usaha meminimalisirkan tingkat pelanggaran siswanya telah menerapkan sistem yang masih menggunakan sistem perhitungan poin dan catat buku yang didasarkan pada tingkat kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Setiap siswa akan diberikan poin tertentu apabila melakukan pelanggaran disiplin, kemudian nama siswa yang melakukan pelanggaran tersebut dicatat kedalam buku baik itu pelanggaran yang berat maupun pelanggaran yang ringan.
Namun pelaksanaan kegiatan ini belum didukung oleh penggunaan dan penerapan sistem yang baik sehingga informasi tingkat pelanggaran disiplin siswa sulit untuk diketahui secara lengkap, padahal data mengenai pelanggaran tersebut sangat diperlukan bagi pihak sekolah sebagai landasan pengambilan keputusan untuk mengurangi tingginya tingkat pelanggaran yang terjadi oleh siswanya.Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya sebuah sistem yang mampu mengintegrasikan keseluruhan data dan informasi pelanggaran disiplin siswa sehingga pimpinan sekolah dapat lebih mudah dan cepat memperhitungkan dan mengukur tingkat pelanggaran disiplin siswa.

Article Details

Section
Article

References

Aini, N., et all., 2011, Dashboard system penjualan pulsa elektronik, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Informatika, Universitas Mercu Buana, Jakarta.

Anggoro, Dani., et all., 2011, Dashboard information system sebagai pendukung keputusan dalam penjualan tiket pesawat studi kasus: pt. Nurindo tour, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Informatika, Universitas Budi Luhur, Jakarta.

Aziz, Fauzan, dkk, 2015, Sistem Informasi Eksekutif Berbasis Web Pada Fakultas Pertanian Universitas Muhammdiyah Palembang, Tugas Akhir, Sistem Informasi, Universitas Bina Darma Palembang, Indonesia
Enterprise, Jubilee, 2015. Trik Membuat Dashboard Excel. PT Elek Media Komputindo, Jakarta

Java Creativity. 2014. Panduan Cerdas Membangun Website Super Keren. PT ElexMedia Komputindo. Jakarta

MADCOMS, 2011, Aplikasi Web Database dengan Dreamweaver dan PHP-MySQL, Andi : Yogyakarta.

Prahasta, Eddy, 2014, Sistem Informasi Geografis: Konsep-Konsep Dasar (Perspektif Geodasi & Geomatika, Edisi Revisi, Informatika, Bandung

Saputro, FC, dkk, 2012, Pembuatan Dashboard Berbasis Web Sebagai Sarana Evaluasi Diri Berkala untuk Persiapan Penilaian Akreditasi Berdasarkan Standar Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Jurnal Teknis ITS, Vol. 1, hal A.387-A.402.

Shalahuddin, M. dan Rosa A. S. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika. Bandung

Sidik, Betha. 2014. Pemrograman Web Dengan PHP. Informatika. Bandung.

Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Andi Offset. Yogyakarta.

Yeni, K. dan Devie R. A. 2010. Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP dan MySql. Graha Ilmu. Madura.