EVALUASI KUALITAS WEBSITE SMA NEGERI 4 LUBUKLINGGAU MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Masalah pada penelitian adalah website ini perlu evaluasi kualitas dalam penyampaian informasi dan layanan berdasarkan sudut pandang pengguna dengan menggunakan penilaian dari variabel-variabel yang ada pada metode webqual. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, dengan cara melakukan pengamatan secara langsung pada tempat penelitian (observasi), metode wawancara, menyebar kuesioner kepada responden, metode dokumentasi dan metode perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 4 variabel webqual, hanya 2 variabel yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa terhadap website, yaitu variabel ussability dan overall.Dapat disimpulkan bahwa siswa kurang setuju terhadap variabel informasi kualitas dan informasi pelayanan, sehingga variabel servqual yang perlu diperbaiki dalam pengembangan selanjutnya yaitu variabel informasi quality dan informasi pelayanan.
Kata kunci— Evaluasi, kualitas website, metode webqual
Abstract
The problem in this study is that this website needs quality evaluation in delivering information and services based on the user's point of view by using an assessment of the variables that exist in the webqual method. This study uses data collection methods, by observing directly the place of research (observation), interview methods, distributing questionnaires to respondents, documentation methods and library methods. The results showed that of the 4 webqual variables, only 2 variables had a significant effect on student satisfaction on the website, namely ussability and overall variables. It could be concluded that students did not agree on the variables of quality information and service information, so that servqual variables needed to be improved in subsequent development namely quality information information and service information.
Keywords— Evaluation, website quality , webqual method
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskah pada jurnal ini setuju tentang hal-hal berikut ini: 1. Penulis memegang hak cipta untuk proses, prosedur, atau artikel yang dideskripsikan pada naskah dan memberikan hak kepada jurnal untuk pertama kali mempublikasikan naskah dibawah Creative Commons Attribution License yang memperbolehkan orang lain untuk menyebarkan hasil penelitian dengan pengakuan hak cipta penulis dan jurnal. 2. Penulis memegang hak untuk mempublikasikan kembali semua atau sebagian hasil penelitian pada naskah lain tetapi tidak memberikan hak kepada pihak ketiga lain untuk mencetak dan mempublikasikan ulang hasil penelitian yang sama. 3. Penulis diperbolehkan dan disarankan untuk menginformasikan naskah yang telah terbit secara online (seperti pada repository institusi atau website milik penulis) yang akan meningkatkan produktivitas rujukan dan sitasi dari naskah yang telah terbit.
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) by jurnal.univbinainsan.ac.id/index.php/jusim is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
[2] D. Diana, Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset, 2001.
[3] A. Adelheid, Website Nomor. 1. Yogyakarta: Media Kom.
[4] Albaiti dan A. Rachmadi, “Pengukuran Kualitas Layanan Website Dinas Pendidikan Kota Malang dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan IPA,” vol. 1, no. 9, pp. 885–892, 2017.
[5] RH. Neli dan Oki Irawan, “Prediksi Perkembangan Beban Listrik Sektor Rumah Tangga di Kabupaten Sijunjung Tahun 2013 sampai 2022 dengan Simulasi SPSS,” J. Momentum, vol. 17, no. 2, p. 17, 2015.
[6] Dr. Ir. M. Edy Supriyadi, SPSS + Amos. IN MEDIA, 2014.