Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah berkembang sangat pesat, kebutuhan manusia pun untuk mendapatkan informasi dengan cepat menuntut kita untuk memanfaatkan teknologi yang telah tersedia saat ini. Website merupakan salah satu sumber daya dalam internet yang banyak digunakan. Untuk mengidentifikasi kepuasan pengguna Website terhadap layanan yang diberikan Website maka diperlukannya analisis apakah website yang ada sudah memberikan tingkat kepuasan terhadap pengguna atau sebaliknya. Dengan metode analisis SERVQUAL diharapkan bisa menjawab apa yang diinginkan oleh pengguna Dan bisa memberikan manfaat untuk pengembangan selanjutnya. Website Universitas Bina Insan selama ini belum pernah dianalisis sehingga belum diketahui apakah website yang telah ada sudah memberikan kepuasan pada penggunanya atau sebaliknya, Untuk itu diperlukan analisis dengan menggunakan metode SERVQUAL dari segi Tangibles (bukti terukur), Reliability (keandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), Empathy (empati). Dengan berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi itu sendiri dan membuat tampilan output lebih mudah dibaca dan di lihat hasilnya maka, penelitian ini akan mengkombinasikan dengan penggunaan dashboard untuk menyajikan informasi secara singkat dan jelas berkaitan dengan keadaan yang terjadi. Tujuan yang akan dicapai oleh peneliti yaitu mengukur kualitas website   Universitas Bina Insan Lubuklinggau khususnya pada kriteria Tangibles (bukti terukur), Reliability (keandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), Empathy (empati) dan hasilnya ditampilkan dalam bentuk aplikasi dashboard, luaran dan hasil yang ditargetkan ialah didapatnya hasil penilaian dari website Universitas Bina Insan Lubuklinggau menurut pengguna website dengan menggunnakan metode Servqual dan hasil penilaian akan disajikan dalam bentuk dashboard yang akan digunakan dalam peningkatan kualitas layanan website Universitas Bina Insan Lubuklinggau.