PEMILIHAN SMA(SEKOLAH MENENGAH ATAS) SWASTA MENGGUNAKAN METODE CPI(COMPOSITE PERFORMANCE INDEX)

Main Article Content

Andri Anto Tri Susilo
Lukman Sunardi

Abstract

Pemilihan sekolah merupakan masalah utama bagi orangtua disimpulkan dari hasil beberapa pertanyaan kepada orangtua. Banyaknya pilihan sekolah yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan serta kurang objektifnya data hasil analisa sehingga perlu dievaluasi berulangulang. SMA(Sekolah Menengah Atas)  merupakan jenjang pendidikan menengah atas pada pendidikan formal setelah lulus SMP (Sekolah Menengah Pertama). Jumlah siswa yang melanjutkan pendidikanke SMA Negeri sekitar 70% dan 30% sisanya akan melanjutkan pendidikan ke SMA Swasta. Bagi siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke SMA swasta, orang tua dan siswa tersebut dipusingkan dengan banyaknya pilihan SMA swasta yang ada dengan berbagai keunggulan dan kekurangan. Metode CPI(Composite Performance Index) digunakan untuk memilih beberapa alternatif. Teknik CPI merupakan indeks gabungan (Composite Index) yang dapat digunakan untuk menentukan penilaian atau peringkat dari berbagai alternatif(i)

Article Details

Section
Article
Author Biography

Andri Anto Tri Susilo, STMIK Musi Rawas

Teknik Informatika

References

[1] R. M. Simanjorang, A. Gorry, and S. S. Morton, “Penerapan Metode Composite Performance Index Dalam Mendukung Pengambilan Keputusan Pemilihan Guru Terbaik ( Studi Kasus : Sdn 003 Pagaran Tapah ),” Jurnal Mantik Penusa, vol. 2, no. 2. pp. 180–184, 2018, [Online]. Available: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/download/510/303.

[2] P. Romadiana, “Kajian Pemilihan SMA Swasta Terfavorit Sebagai Acuan Bagi Calon Siswa yang akan Melanjutkan Sekolah ke SMA Swasta di Kota Pangkalpinang,” J. SISFOKOM, vol. 5, no. 1, pp. 54–59, 2016.

[3] N.- Narti, S. Sriyadi, N. Rahmayani, and M. Syarif, “Pengambilan Keputusan Memilih Sekolah Dengan Metode AHP,” Jurnal Informatika, vol. 6, no. 1. pp. 143–150, 2019, doi: 10.31311/ji.v6i1.5552.

[4] S. Prahesti, D. E. Ratnawati, and H. Nurwasito, “Sederajat Kota Malang Menggunakan Metode Ahp-Electre Dan,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 4, no. 1. pp. 25–30, 2017.
[5] I. D. Novitasari, “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Keberanian Siswa Untuk Bertanya Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan,” Artikel Publikasi Ilmiah, no. August. pp. 1–13, 2014.
[6] A. A. Tri Susilo, “Penerapan Metode CPI Pada Pemilihan Hotel Dikota Lubuklinggau,” J. RESTI, vol. 1, no. 3, pp. 204–210, 2017.