Abstract

Teknologi informasi saat ini memang mempunyai peranan penting dalam membantu penyelesaian pekerjaan manusia dalam berbagai hal. Pada Kantor Kecamatan Runjung Agung OKU Selatan. Sistem pendataan penduduk dilakukan dengan rekap jumlah, baik penduduk aktif, kelahiran, kematian, pindah dan datang bukan mengolah data yang detail berdasarkan kartu keluarga. Dari sistem yang hanya merekap jumlah tersebut maka akan sering terjadinya data hilang maupun ganda apalagi pendataan data-data tersebut dilakukan belum secara terkomputerisasi, Dengan demikian penulis melakukan penelitian untuk membangun suatu sistem informasi kependudukan.
Penelitian dilakukan dengan cara mendatangi langsung kantor kecamatan Runjung Agung. Dengan menggunakan metode pengumpulan data seperti wawancara, pengamatan dan sumber-sumber buku serta jurnal. Dari semua data tersebut dibuat rancangan Diagram kontek, DFD dan ERD sebagai langkah awal dalam pembuatan sistem informasi data kependudukan di kecamatan Runjung Agung OKU Selatan. Untuk langkah selanjutnya sistem dibangun mengunakan Borland Delphi 7.0 dengan database Microsoft Office Access 2010. Peneliti membatasi ruang lingkup sistem informasi kependudukan yang akan dihasilkan, meliputi data penduduk aktif, kelahiran, pendatang, pindah dan data kematian.
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi data kependudukan di kecamatan Runjung Agung menggunakan borland delphi 7.0 yang dirancang untuk dapat membantu pihak kecamatan dalam melakukan proses prekapan data dan mempermudah dalam pencarian data, serta menghasilkan laporan yang cepa dan akurat.
Kata Kunci: Sistem informasi, Kependudukan, Borland Delphi 7.0.