PERANCANGAN APLIKASI E-CATALOG PENJUALAN FIF GROUP CABANG LUBUKLINGGAU

Main Article Content

Zulfauzi Zulfauzi

Abstract

Informasi penjualan cash ataupun kredit dari setiap produk (motor)  masih menggunakan selembaran brosur. Selembaran brosur tersebut akan diberikan kepada pelanggan yang ingin memilih produk (motor) yang mereka inginkan, dengan proses tersebut pelanggan tidak dapat mengetahui detail jelas tentang produk (motor) yang mereka inginkan. Terkadang detail keseluruhan yang dipaparkan pada brosur tersebut tidak sama dengan pada produk (motor) aslinya. Serta dengan keterbatasan halaman pada brosur tersebut membuat FIF group cabang Lubuklinggau tidak dapat menampilkan keseluruhan detail tentang produk yang mereka jual. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara melakukan observasi ke FIF Group Cabang Lubuklinggau, wawancara kepada sumber-sumber yang berhubungan dengan penelitian di FIF Group Cabang Lubuklinggau dan dokumentasi dengan cara membaca buku-buku komputer atau dokumen-dokumen yang penelitian ini. Hasil Penelitian yaitu Aplikasi E-Catalog Penjualan FIF Group Cabang Lubuklinggau Berbasis Web Mobile, aplikasi dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dengan MySQL sebagai database aplikasi, interface aplikasi dibangun berbasis Web Mobile. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat mempermudahkan pelanggan untuk mengetahui jelas tentang produk  (motor) seperti informasi biaya cash atau kredit, spesifikasi motor serta fitur motor dan dapat memberikan informasi yang sama dengan produk (motor) yang aslinya.

Article Details

Section
Article

References

[1] Suprihadi, Radius Tanone, “Proses Bisnis E-catalogue Baru Sebagai Kerangka Kebutuhan Informasi Pengolahan Produksi Komoditi,” Proses Bisnis E-catalogue Baru Sebagai Kerangka Kebutuhan Inf. Pengolah. Produksi Komoditi, vol. 2015, pp. 243–254, 2015.
[2] D. Endianingsih, “PERAN e-Catalogue Dalam Proses Pengadaan Elektronik,” vol. Vol. 13, no. 1, pp. 1–7, 2015.
[3] Nathanael, No Title3D Studio MAX 2012 Dasar dan Aplikasi. 2011.
[4] W. Komputer, Membangun Web Interaktif dengan Adobe Dreamweaver CS5, PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi, 2014.
[5] S. Janner, Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi, 2011.
[6] Tata Sutabri, Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2012.
[7] Alexander Wijaya, “Digital Dashboard Sebagai Solusi Business Intelligence Pada PT.Telkom.” Universitas Bina Nusantara, Jakarta, 2014.
[8] Khafidli, Trik Menguasai HTML5 CSS3 PHP Aplikatif. Yogyakarta: Lokomedia, 2011.
[9] Betha Sidik, Pemrograman Dengan Web PHP 7. Bandung: Informatika, 2017.
[10] Eko Priyo Utomo, Mobile Web Programming HTML 5, CSS3, JQuery Mobile. Yogyakarta: Andi, 2013.
[11] Meiska Firstiara Maudi, “Desain Aplikasi Sistem Informasi Pelanggan PDAM WebGIS,” J. Geod. Undip, vol. 3, no. 3, pp. 2337–845, 2014.
[12] Adi Chandra Setiawan, Dahsyatkan Aplikasi PHP dengan Sentuhan Javascript. Yogyakarta: Lokomedia, 2015.
[13] M. Sadeli, Aplikasi Bisnis dengan PHP dan MySQL. Palembang: Maxikom, 2014.
[14] Rosa and Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek Edisi Revisi. Bandung: Informatika, 2018.