Optimalisasi Penjualan Café Resto Kabogoh melalui Aplikasi POS Berbasis Web Framework dengan Metode Scrum

Main Article Content

Muhammad Irvai
Bunga Intan

Abstract

Café and Resto Kabogoh adalah café dan restoran yang berada di kota Lubuklinggau, yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman dengan suasana yang lebih asri dan nyaman. Café and Resto kabogoh pada saat ini dalam melakukan proses pemesanan, pencatatan pesanan, pembayaran pesanan, delivery menu makanan ke chef  dan laporan keuangan masih menggunakan sistem manual. Pada saat ini, Café and Resto kabogoh belum memiliki sistem informasi atau aplikasi yang dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut. Pada penelitian ini, peneliti membuat suatu aplikasi berupa Point of Sales (POS) untuk café and resto kabogoh untuk mengoptimalkan proses penjualan tersebut. Metodologi yang digunakan dalam pengembangan aplikasi adalah metodologi Agile Development. Salah satu metode dalam metodologi agile development yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode scrum. Metode pengumpulan data berupa metode wawancara, dokumentasi, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menghasilkan suatu aplikasi penjualan berupa POS berbasis website yang dapat mengoptimalkan transaksi penjualan dan pengelolaan pemesanan makanan dan minuman antara pelanggan dan pengelola café secara online sehingga dalam transaksi penjualan dan pengelolaan tersebut secara realtime, efektif dan efisien serta mengoptimalkan pelaporan keuangan oleh pihak café. Aplikasi yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman framework codeigniter 3 dan MySQL Improved sebagai database.

Article Details

Section
Article

References

[1] M. Siddik and S. Samsir, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pos (Point of Sale) Untuk Kasir Menggunakan Konsep Bahasa Pemrograman Orientasi Objek,” JOISIE (Journal Inf. Syst. Informatics Eng., vol. 4, no. 1, p. 43, 2020.
[2] R. Umar, A. Hadi, P. Widiandana, and F. Anwar, “Perancangan Database Point of Sales Apotek Dengan Menerapkan Model Data Relasional,” Query J. Inf. Syst., vol. 5341, no. October, pp. 33–41, 2019.
[3] G. G. C. Koroh and M. N. N. Sitokdana, “Analisis Dan Perancangan Proses Bisnis Berbasis Crm Pada Cafe Xy,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 139–151, 2023.
[4] O. Herdiansyah, Pratama, “Perancangan Sistem Informasi Point of Sale Berbasis Website pada Toko Azam Grosir dengan Metode Waterfall,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 6, no. 2, pp. 388–394, 2021.
[5] N. Efranda, R. Rusdiyanto, and M. Irvai, “Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Smpn Purwodadi Berbasis Web Mobile Dengan Enkripsi Rc4,” J. Teknol. Inf. Mura, vol. 14, no. 1, pp. 28–37, 2022.
[6] D. Purba Sugumonrong, R. Ray, V. Victorio, A. Kampus Lt, and J. Kapten Maulana Lubis No, “Perancangan Sistem Informasi Point Of Sales (POS) Berbasis Web Pada Rumah Makan Kokobop Chicken,” Inf. Syst. Dev., vol. 4, no. 1, pp. 78–85, 2019.
[7] S. Suprianto, M. Fadlan, and D. Prayogi, “Perancangan Aplikasi Point of Sale Berbasis Web Pada Toko Project Salfa Tarakan,” Sebatik, vol. 25, no. 2, pp. 624–631, 2021.
[8] I. Sasangka, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Pada Mini Market Minamart’90 Bandung,” J. Ilm. Manajemen, Ekon. Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 129–154, 2018.
[9] A. Y. Saputra, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Nomor Urut Caleg dengan Metode SAW,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 2, no. 2, p. 93, 2015.
[10] J. Saputraa and A. Zein, “Perancangan Sistem Informasi Point of Sale Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus : Kedai Kyushu Japanese Street Food),” JIK (Jurnal Ilmu Komputer), vol. 6, no. 1, pp. 48–59, 2023.
[11] A. Mulyana and U. Rusmawan, “Rancang Bangun Sistem Informasi Point of Sale (POS) Berbasis Web (Studi Kasus Toko Andorio),” Maj. Ilm. UNIKOM, vol. 21, no. 1, pp. 43–50, 2023.
[12] A. D. Praba and T. Santoso, “Pengembangan Aplikasi Point of Sales Menggunakan Metode Agile Dengan Pola Scrum,” JIKA (Jurnal Inform., vol. 7, no. 2, p. 132, 2023.
[13] K. S. Sutherland, Scrum-opas. Marraskuu, 2020.