Abstract

Unit pelaksana teknis (UPT) pendidikan adalah salah satu intansi yang bergerak di bidang pendidikan yang bertugas untuk mengolah data, misalnya data siswa baru tingkat sd . ketika penulis melakukan penelitian terhadap pengolahan data siswa baru tingkat sd, penulis mendapati bahwa pengolahan data siswa baru tingkat sd masih menggunakan sistem manual.
Sistem informasi data siswa baru tingakt sd ini bisa mempermudah penginputan data dengan cepat, metode yang digunakan dalam sistem ini agar sistem bisa berjalan dengan terstruktur dengan menggunakan alat bantu seperti UML, use case diagram,diagarm activity, sedangakan untuk metode pengembangan sistem menggunakan metode prototyping. Perangkat lunak menggunakan Xampp, Dreamweaver, dan database MySQL sebagai pembangun serta dokumentasi program dan laporan.
Hasil akhir dari penelitian ini adalah sistem yang berbasi web yang sudah terkoneksi dengan internet yang akan mempermudah pengolahan data siswa baru , pencarian data dan akan sangat membantu dalam memberikan informasi secara cepat kepada pihak-pihak yang membutuhkan dan dapat di pergunakan oleh siswa dalam mengupload tugas maupun mendownload mata pelajaran melalui aplikasi ini.