Abstract

Pengolahan inventaris pemeliharaan fasilitas gedung kampus pada STMIK Musirawas Lubuklinggau masih manual dan belum ada sistem perencanaan yang baik. Dengan demikian informasi tentang daftar fasilitas  yang semestinya dilakukan perawatan atau penggantian sulit diperoleh dengan cepat dan akurat, sering kali terjadi informasi diperoleh setelah terjadinya kerusakan pada fasilitas tersebut. Hal ini tentu saja akan mengganggu aktivitas dan kenyamanan dalam melaksanakan pekerjaan. Kebutuhan akan informasi mengenai inventaris pemeliharaan fasilitas seperti jadwal pemeliharaan, jenis dan jumlah perbaikan kerusakan pada fasilitas yang akan/sedang dilakukan, dan sebagainya merupakan suatu hal yang penting yang pada akhirnya akan meningkatkan pelayanan STMIK Musirawas Lubuklinggau untuk segenap civitas akademikanya. Oleh karena itu sangat dibutuhkan sebuah aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pemeliharaan Fasilitas Gedung yang meliputi kegiatan pemeliharaan dan perawatan fasilitas atau yang digunakan dalam proses produksi barang / jasa. Hasil Penelitian ini adalah sebuah  aplikasi inventaris pemeliharaan fasilitas di STMIK Musirawas Lubuklinggau sehingga dapat mempermudah dan mempercepat manajemen pemeliharaan fasilitas serta dapat mengoptimalkan penyajian laporan data fasilitas dan penjadwalan perbaikan fasilitas dengan cepat, akurat dan up to date untuk membantu dalam membuat laporan pemeliharaan fasilitas gedung.