Abstract

Di bidang bisnis hasil implementasi data mining algoritma Apriori dapat membantu para pebisnis dalam pengambilan keputusan terhadap apa yang berhubungan dengan persediaan barang.Transaksi penjualan sehari-hari menimbulkan penumpukan data, karena banyaknya transaksi penjualan yang terjadi setiap harinya. Upaya peningkatkan penjualan sebuah agen kosmetik dapat dilakukan dengan cara mengolah data transaksi yang menumpuk menjadi sebuah informasi yang berguna. Analisis transaksi penjualan bertujuan untuk merancang strategi penjualan atau pemasaran yang efektif dengan memanfaatkan data transaksi penjualan yang telah tersedia. Selain itu penggunaan teknik analisis ini juga dapat menemukan pola berupa produk-produk yang sering dibeli bersamaan dalam sebuah transaksi. Pengolahan data untuk memperoleh informasi mengenai pola-pola dapat dilakukan dengan datamining, yaitu Association Rules.Algoritma Apriori yang merupakan salah satu metode Association Rules cocok untuk diterapkan bila terdapat beberapa hubungan item yang ingin dianalisis. Algoritma Apriori mampu menggali informasi pada data dan dapat menampilkan hubungan antar atributnya. penelitian ini akan menerapkan Algoritma pada bidang bisnis dan penentuan pola pembelian kosmetik. Pengolahan datamining untuk mengetahui kosmetik apa saja yang dibeli oleh para konsumen, dapat dilakukan dengan teknik analisis dari kebiasaan membeli komsumen.