ANALISIS KINERJA LAYANAN CLOUD COMPUTING PADA APLIKASI GOOGLE DRIVE MENGGUNAKAN BOEHM’S MODEL DI STMIK PALCOMTECH PALEMBANG

Main Article Content

Surahmat -

Abstract

Semakin majunya dunia teknologi informasi saat ini tidak lepas dari semakin cepat dan mudahnya pengguna mendapatkan koneksi internet salah satu penggunaan internet sekarang ini ialah digunakan sebagai media bantu dalam proses belajar-mengajar di kampus-kampus khususnya kuliah jurusan komputer. Peneliti melakukan penelitian ini di STMIK Palcomtech Palembang. Sebagai salah satu kampus yang menawarkan belajar 100% praktek, 100% internet dalam proses belajar-mengajar STMIK Palcomtech Palembang menggunakan berbagai aplikasi pihak ketiga dalam berbagi informasi serta materi, salah satunya adalah aplikasi google drive. Berdasarkan analisa kebutuhan peneliti menemukan bawah aplikasi google drive tersebut tidaklah terlalu populer di gunakan oleh mahasiswa dan dosen dalam proses belajar-mengajar pada STMIK Palcomtech Palembang walaupun dengan banyaknya kemudahan yang diberikan google drive diataranya penyimpanan bebas 15gb, bisa dibuka dan digunakan dimana saja dan perangkat apapun. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas kinerja layanan yang google drive berikan terhadap pengguna dalam hal ini mahasiswa dan dosen STMIK Palcomtech Palembang menggunakan metode Boehm’s Model dengan empat kriteria yaitu ketersediaan, kehandalan, efisiensi dan Kemudahan penggunaan. Hasil dari penelitian ini mempunyai nilai interpretasi yang baik agar hasil penelitian ini dapat digunakan untuk penelitian berikutnya.

Article Details

Section
Article

References

[1] T. O. Gallaway and J. Starkey, “Google Drive,” Charlest. Advis., 2013.
[2] Bhattacharjee, R. (2009) “An Analysis of the Cloud Computing Platform,” System Designm and Management Program - Massachusetts Intitute of Technology, hal. 1–81
[3] F. Susanto, M. Yusup, and A. Tirta, “Cloud Computing Sebagai Solusi Efisiensi Dalam Sistem Pembelajaran Online Pada Perguruan Tinggi,” Semantik, vol. 2012, no. Semantik, pp. 69–80, 2012.
[4] S. Tripathi, “A Survey on Quality Perspective and Software Quality Models,” IOSR J. Comput. Eng., 2014.
[5] Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. ALFABETA, CV. ISBN : 978-602-289-322-6.
[6] A. A. Wardhana, S. Hudayah, dan S. Wahyuni, “Analisis kinerja layanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas nasabah Analysis of service performance and customer satisfaction on customer loyalty,” vol. 9, no. 1, hal. 1–7, 2017.
[7] R. E. Al-qutaish, “Quality Models in Software Engineering Literature : An Analytical and Comparative Study,” vol. 6, no. 3, hal. 166–175, 2010.
[8] D. Sajeev and S. Sivakumar, “Quality Models To Measure Software Quality:A Descriptional Review,” vol. 5, no. 7, pp. 636–639, 2014.
[9] Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. ISBN: 979-8433-71-8.
[10] W. Budiaji, “Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert,” J. Ilmu Pertan. dan Perikan., 2013.
[11] S. S. Budi, “Persepsi Pengguna terhadap Kemanfaatan dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Baru (Studi Kasus di Sekolah Tinggi Ilmu SBI Yogyakarta),” JBMA, 2016.
[12] H. Abdurahman dan A. Ri. Riswaya, “Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti,” Jurnal Computech & Bisnis, vol. 8, no. 2, hal. 61–69, 2014.
[13] Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Networks (TIPHON), “Tr 101 329,” Etsi, vol. 1, no. General aspects of Quality of Service (QoS), hal. 1–37, 1999.