PEMANFAATAN KONTEN VIDEO DAN MEDIA SOSIAL DALAM PROMOSI DAN PEMASARAN PARIWISATA DAN UMKM DI DESA BANTU RANCING KABUPATEN LAHAT

  • Univesitas Bina Insan
  • Univesitas Bina Insan
  • Univesitas Bina Insan
  • Univesitas Bina Insan
  • Institut Teknologi Pagar Alam
  • Institut Teknologi Pagar Alam
Keywords: Konten Video, Media Sosial, Promosi

Abstract

Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarkat di Desa Batu  Rancing dalam pemanfaatn konten video dan media social dalam promosi dan pemasaran pariwisata dan UMKM yang ada didesa tersebut, metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sosialisasi dan pelatihan dalam penggunaan aplikasi konten video dalam hal ini adalah tim menggunakan canva, serta pemanfaatan berbagai macam media social yang dapat mendukung serta meningkatkan penjualan dan promosi yang ada di Desa Batu Rancing. Hasil yang telah didapatkan dari kegiatan ini adalah masyarkat dapa pengetahuan baru yakni masyarakat dapat membuat video singkat untuk promosi penjualan maupun promosi objek wisata dengan menggunakan aplikasi canva, disisi lain masyarkat juga mengetahui manfaat dari media social sebagai media promosi. Dampak yang ditimbulkan dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan objek wisata maupun penjualan UMKM yang ada di Desa Batu Rancing.

References

Fitriani, Y. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi atau Pembelajaran Digital. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(4), 1006–1013. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i4.609
Nugroho, A., Kartini, & Parlika, R. (2022). Pemanfaatan Canva Untuk Kebutuhan Desain Grafis dan Video Promosi Edotel TeBe Syariah. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 1–6. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/5231
Saputra, E., Aryani, R., Lestari, D., Arsa, D., Eko, P., & Utomo, P. (2022). Pelatihan pengembangan konten video pembelajaran bagi guru sman titian teras jambi. 3(1), 17–22.
Satvikadewi, A. A. . P., & Hamim. (2018). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Strategi Komunikasi untuk Mempromosikan Potensi Lokal Wisata Pulau Bawean. Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 102–120. file:///D:/LKTI/NASKAH PUBLIKASI.pdf
Sofiyana, M. S., Lestari, L. D., Triamini, M. H., Faizah, A. I., & Ardiyansyah, V. R. (2021). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan. J. APTEKMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(4), 96–100. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/aptekmas/article/view/3556/1732
Published
2022-12-28