PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM FILM EDUKASI DI TANJUNG HARAPAN

Main Article Content

Harma Oktafia Lingga Wijaya
Wisdalia Maya Sari
Armanto Armanto
Andrianto Tri Susilo
Bunga Intan
Satria Nansyah

Abstract

Film adalah salah satu hasil dari sebuah karya sastra yang dibuat oleh seseorang dengan imajinasi dan kreativitas yang dimilikinya. Film memuat cerita yang unik dan menarik sehingga banyak digemari oleh masyarakat karena sejak dulu keberadaan film diterima baik dalam kehidupan masyarakat. Film semakin populer karena menayangkan berbagai cerita yang mengandung nilai-nilai baik untuk diterapkan dalam kehidupan. Peranan media film dalam pembelajaran sangat penting untuk memberikan informasi terbaru mengenai perkembangan teknologi informasi. Pemanfaatan film dalam pembelajaran dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam mengarahkan anak-anak dan remaja  setelah menyimak dan mengamati film yang dijadikan sebagai media informasi dan anak-anak dapat mengambil berbagai pelajaran yang positif terkait film tersebut.

Article Details

Section
Articles

References

Apriliany, Lenny dan Hermiati. 2021. “Peran Media Film Dalam Pembelajaran Sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRIPalembang:192.https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5605/4861.
Budiman, Haris. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat Dalam Meningkatkan Literasi Sains Dan Teknologi Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8: 75–83.
Husodo, Besar Tirto et al. 2021. “Interpretasi Pesan Kesehatan Reproduksi Dalam Film Dua Garis Biru Pada Remaja Smp X Kota Semarang.” Jurnal Kesehatan Masyarakatarakat 9: 245–50.
Murjaina et al. 2021. “Jurnal Cemerlang : Pengabdian Pada Masyarakat Sosialisasi Dampak Pernikahan Dini Melalui Media Jurnal Cemerlang : Pengabdian Pada Masyarakat.” Sosialisasi Dampak Pernikahan Dini Melalui Media Film Pendek Murjainah 3(2): 146–58.
Putra, Ignatius et al. 2022. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Di Sekolah Yayasan Pembinaan Anak Cacat (Ypac) Palembang.” Jurnal Abdimas Musi Charitas 5(2): 98–104.
Sholeh, Muhammad, and Untung Joko Basuki. 2022. “Edukasi Adab Makan Dan Minum Dengan Menggunakan Media Animasi Kartun Pada TPA Masjid Al Ikhlas Graha Prima Sejahtera Bantul.” GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 6(1): 28–37.
Yasuda, Ryohei, and George J. Augustine. 2008. “Optogenetic Probes.” Brain Cell Biology 36(1–4): 1–2.