SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENENTUAN PENERIMA KIP KULIAH MENGGUNAKAN METODE AHP DAN SAW

Main Article Content

Gonan sumadi
M Yazed Vebriandi
Edi Sudarsono

Abstract

Penentuan penerima bantuan beasiswa kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah menjadi bagian yang penting agar penyaluran KIP dapat tepat dan terarah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah. Dalam penentuannya membutuhkan banyak criteria dan komponen yangsangat kompleks sehingga perlu dilakukan simulasi dan implementasi suatu aplikasi yang berbasis database untuk menentukan penerima program tersebut secara valid. Focus penelitian ini adalah pada penentuan penerima program KIP Kuliah pada AMIK Sigma Palembang dengan menggunakan mertode Analitical Hierarchy Process  (AHP) dan simple additive Weighting (SAW) untuk menentukan hasil utama berupa penerima bantuan KIP.  Dari implementasi aplikasi diketahui bahwa SPK penentuan penerima KIP Kuliah  menggunakan metode  AHP-SAW studi kasus AMIK Sigma  telah dibangun dan sesuai dengan perancangan dengan didapatkan hasil berupa perangkingan dari yang tertinggi ke terendah.

Article Details

Section
Article

References

Andrianto, Christian Budi, Kusrini Kusrini, and Hanif Al Fatta. 2017. “Analisis Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Di Smp Muhammadiyah 2 Kalasan.” Respati 12(34): 46–60.
Nur Ajny, Awaliah. 2020. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lipstik Dengan Analytical Hierracy Process.” Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI) 2(3): 1–13.
Rahmawati, Miftah Sigit, Teguh Hidayat Iskandar Alam, and Sulfiana Sulfiana. 2019. “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Beasiswa Program Indonesia Pintar Di SMK Negeri 1 Sorong Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process Berbasis Dekstop.” Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika 5(1): 31.
Ari Andriyas Puji, dkk. 2022. Perancangan Dan Pengukuran Kinerja Sumber Daya Manusia Menggunakan Metode Human Resources Scorecard dan Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus : PT. Rajawali Malik Jaya Pekanbaru) JUTIN :Jurnal Teknik IndustriTerintegrasi Vol. 5 No. 1 2022
Eniyati, Sri. 2011. Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting). Teknologi Informasi DINAMIK
Saaty.T. L.1993. Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin PT. Pustaka Binaman Pressindo.