INTEGRASI TAM DAN SERVQUAL UNTUK MELIHAT PENERIMAAN TEKNOLOGI SIAKAD PADA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI PAGAR ALAM

Main Article Content

Tri Susanti
Dedi Syamsuar

Abstract

Penerapan teknologi telah dilakukan pada Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Pagar Alam. STT Pagar Alam merupakan perguruan tinggi di bidang teknologi yang berada di kota Pagar Alam, Sumatera Selatan. STT Pagar Alam dalam mendukung operasional proses akademik memiliki sistem informasi akademik (SIAKAD). SIAKAD adalah sistem informasi akademik yang dapat digunakan bagi civitas akademik. SIAKAD berintegrasi melalui proses akademik KRS Online, KHS Online, Transkrip Online dan lain-lain seperti melihat nilai IP maupun IPK, pendaftaran beasiswa, memberikan penilaian kepada dosen dan aktivitas lainnya. Untuk meneliti penerimaan teknologi SIAKAD serta kelemahannya dalam sistem yang ada, penelitian ini mengintetrasikan Technology Acceptance Model (TAM)  dan ServQual (Service Quality). Penerimaan pengguna merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan implementasi suatu teknologi, sehingga faktor-faktor yang menentukan penerimaan pengguna turut menentukan keberhasilan dari implementasi.

Article Details

Section
Article

References

[1] S. Setyorini and J. Arifin, “Pemanfaatan Qr Code Untuk Perekaman Data Kehadiran Siswa Terintegrasi Dengan Sistem Informasi Manajemen Sekolah Smk Mahardika Malang,” Network Engineering Research Operation, vol. 4, no. 1, pp. 1–13, 2018.
[2] H. M. Jogiyanto, Analisis dan desain (sistem informasi pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis). Penerbit Andi, 2017.
[3] A. Mulyanto, “Sistem Informasi konsep dan aplikasi,” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, vol. 1, no. 2009, pp. 1–5, 2009.
[4] A. Parasuraman, L. Berry, and V. Zeithaml, “Refinement and reassessment of the SERVQUAL scale,” Journal of retailing, vol. 67, no. 4, p. 114, 2002.
[5] J. B. Yakub, “Pengantar Sistem Informasi,” Graha Ilmu, 2012.
[6] P. D. Sugiyono, “Statistika untuk penelitian,” Bandung: CV. Alfabeta, vol. 21, 2006.
[7] T. Sutabri, Konsep sistem informasi. Penerbit Andi, 2012.
[8] A. Nugroho, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek. Edisi Revisi,” 2005.
[9] A. F. Cakmak, S. Benk, and T. Budak, “The acceptance of tax office automation system (VEDOP) by employees: factorial validation of Turkish adapted Technology Acceptance Model (TAM),” Int J Econ Finance, vol. 3, no. 6, pp. 107–116, 2011.
[10] E. Fatmawati, “Technology acceptance model (TAM) untuk menganalisis penerimaan terhadap sistem informasi perpustakaan,” Jurnal Iqra, vol. 9, no. 01, 2015.
[11] F. Buttle, “SERVQUAL: review, critique, research agenda,” Eur J Mark, 1996.
[12] D. Apriana and R. Suryanto, “Analisis hubungan antara belanja modal, pendapatan asli daerah, kemandirian daerah dan pertumbuhan ekonomi daerah,” Journal of Accounting and Investment, vol. 11, no. 1, pp. 68–79, 2010