SISTEM MONITORING SUHU, ASAP DAN API RUANGAN SERVER ICT UNIVERSITAS BINA INSAN MENGUNAKAN ARDUINO BERBASIS WEBSITE

Main Article Content

Taufik Rahman
Andri Anto Tri susilo
Wiwit Lestari

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk membuat alat monitoring ukur pada perangkat server dengan menggunakan sensor DHT11 sebagai sensor suhu, MQ-2 sebagai sensor asap dan DFR0011 sebagai sensor api pada objek yang diteliti dan sistem website yang menyimpan hasil sensor secara otomatis kedalam database. Arduino sebagai pemrosesan data dan memanfaatkan website sebagai sarana informasi sehingga data yang disajikan bisa secara terus menerus tanpa harus menggunakan sistem manual. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode prototype. Alat ukur ini dibuat menggunakan modul Arduino Uno yang diprogram dengan menggunakan bahasa pemrograman C dan sebagai antarmuka pada personal computer menggunakan bahasa pemrograman PHP MySql. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1. Sistem Monitoring Suhu, Asap dan Api Ruangan ICT Server memberikan dapat informasi secara berkala mengenai temperatur ruangan. 2. Alat monitoring ruangan ini dapat membantu menampilkan hasil sensor yang disimpan di database dan dapat ditampilkan di website sehingga dapat membantu bagian administrator dalam memonitoring selama 24 jam secara realtime

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Article

References

[1] A. Herliana and P. M. Rasyid, “SISTEM INFORMASI MONITORING PENGEMBANGAN SOFTWARE PADA TAHAP DEVELOPMENT BERBASIS WEB,” J. Inform., vol. 3, no. 1, 2016, doi: https://doi.org/10.31311/ji.v3i1.281.
[2] Abdullah, “Sistem Deteksi dan Monitoring Kondisi Kadar Kepekatan Asap dengan Sensor Asap dan Camera Tracker,” Ilmu Fis. dan Teknol., vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2018.
[3] L. Sunardi, “Web Based Temperature dan Humidity Monitoring Ruangan Laboratorium Komputer SMA Negeri 9 Lubuk Linggau,” Sigmata, vol. 5, no. 1, 2017.
[4] C. Umam, L. B. Handoko, and G. M. Rizqi, “Implementation And Analysis High Availability Network File System Based Server Cluster,” J. Transform., vol. 16, no. 1, p. 31, 2018, doi: 10.26623/transformatika.v16i1.841.
[5] H. Nanang, A. Fuadi, and N. Farhanah, “Pengembangan Aplikasi Remote Spesifikasi Dekstop Berbasis Client Server,” InforSAINS, vol. 2, no. 3, pp. 1–8, 2008.
[6] H. Andrianto and A. Dermawan, Arduino Belajar Cepat dan Pemprograman, 2nd ed. Bandung: Informatika Bandung, 2017.
[7] Suherman, I. Andriyanto, and S. Dwiyatno, “Rancang Bangun Alat Ukur Temperatur Suhu Perangkat Server Menggunakan Sensor Lm35 Bebasis Sms Gateway,” Prosisko, vol. 2, no. 1, pp. 42–63, 2015.
[8] Y. N. Jatmika, Cara Mudah Merakit Robot untuk Pemula, I. Jogjakarta: FlashBooks, 2011.
[9] Rafiuddin Syam, Dasar Dasar Teknik Sensor. Makassar: Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, 2013.
[10] MADCOMS, Aplikasi Web Database Dengan Dreamweaver dan PHP–MySQL. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET, 2011.
[11] R. Rachmanto, 9 Langkah Praktis Membuat Website Gratis, I. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.