PREDIKSI PENJUALAN KOPI PADA PT. KOPI CAP LESUNG LUBUKLINGGAU MENGGUNAKAN METODE SINGLE MOVING AVERAGE (SMA)
Abstract
The problem in this study is that it is difficult for PT. Kopi Cap Lesung to determine sales in the next period, because no one has predicted using the Single Moving Average (SMA). This study uses data collection methods by observing and recording directly at the research site (observation), conducting direct questions and answers to sources (interviews) and documentation by reading previous guidelines. The results of this study are the values obtained for the next 3 years using the Single Moving Average method and for the error value MAD (Mean Absolute Deviation) Error Value of 25.280434782608694, Mean Square Error (MSE) Error Value of 10843.610677083334, and Error Mean Absolute Percentage Error (MAPE) of 5.638958229765874% less than 10% which obtained an accuracy rate of 95% which is implemented in the Python Programming Languagethat is google collab. which means the value is very good for predicting coffee sales. Keywords: Single Moving Average, Prediction, Python
References
[2] R. Rustam, S. Rahmatullah, S. Supriyato, and S. Wahyuni, “Penerapan Data Mining Untuk Prediksi Penjualan Produk Triplek Pada Pt Puncak Menara Hijau Mas,” J. Inf. dan Komput., vol. 8, no. 2, pp. 75–86, 2020, doi: 10.35959/jik.v8i2.186.
[3] A. Apriliani, H. Zainuddin, A. Agussalim, and Z. Hasanuddin, “Peramalan Tren Penjualan Menu Restoran Menggunakan Metode Single Moving Average,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 6, p. 1161, 2020, doi: 10.25126/jtiik.2020722732.
[4] M. H. Lubis and S. Sumijan, “Prediksi Tingkat Kriminalitas Menggunakan Metode Single Moving Average (Studi Kasus Polres Asahan Sumatera Utara),” J. Sistim Inf. dan Teknol., vol. 3, pp. 181–186, 2021, doi: 10.37034/jsisfotek.v3i4.167.
[5] Wahyu al fauzy, prediksi penjualan kopi menggunakan metode regresi linier pada kopi cap lesung. 2021.
[6] Aletheia rabbani, “Pengertian Prediksi dan Bentuknya - Sosial79.” .
[7] N. Hudaningsih, S. Firda Utami, and W. A. Abdul Jabbar, “Perbandingan Peramalan Penjualan Produk Aknil Pt.Sunthi Sepurimengguanakan Metode Single Moving Average Dan Single Exponential Smooting,” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 2, no. 1, pp. 15–22, 2020, doi: 10.51401/jinteks.v2i1.554.
[8] D. H. Corniawan, “Pengaruh kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy) dan store atmosphere terhadap kepuasan konsumen wijsoen coffee container jalan uler kambang ponogoro,” pp. 10–37, 2018, [Online]. Available: http://eprints.umpo.ac.id/4084/3/BAB II.pdf.
[9] B. A. B. Ii and D. Delbert, “TINJAUAN PUSTAKA Pemasaran dalam bahasa inggris dikenal dengan nama marketing , kata marketing ini boleh dikata sudah diserap kedalam bahasa kita , namun ada juga orang yang ingin menerjemahkan dengan istilah pemasaran . Asal kata pemasaran ialah pasar = ,” pp. 15–25.
[10] “Perbedaan Utama Penjualan dan Pemasaran - Zahir.” .
[11] D. Susilawati, N. Setiawan, I. Yulianti, and D. Prayudi, “Penerapan Metode Single Moving Average untuk Prediksi Penjualan Pada Aby Manyu Cell,” Swabumi, vol. 6, no. 1, pp. 78–84, 2018, doi: 10.31294/swabumi.v6i1.3319.
[12] budi raharjo(python Certified), mudah belajar python untuk aplikasi desktop dan web. .
[13] A. N. Syahrudin and T. Kurniawan, “Input Dan Output Pada Bahasa Pemrograman Python,” J. Dasar Pemrograman Python STMIK, no. January, pp. 1–7, 2018.
Copyright (c) 2022 Cindi Wulandari, M. Nur Alamsyah, Layla layla

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskah pada jurnal ini setuju tentang hal-hal berikut ini: 1. Penulis memegang hak cipta untuk proses, prosedur, atau artikel yang dideskripsikan pada naskah dan memberikan hak kepada jurnal untuk pertama kali mempublikasikan naskah dibawah Creative Commons Attribution License yang memperbolehkan orang lain untuk menyebarkan hasil penelitian dengan pengakuan hak cipta penulis dan jurnal. 2. Penulis memegang hak untuk mempublikasikan kembali semua atau sebagian hasil penelitian pada naskah lain tetapi tidak memberikan hak kepada pihak ketiga lain untuk mencetak dan mempublikasikan ulang hasil penelitian yang sama. 3. Penulis diperbolehkan dan disarankan untuk menginformasikan naskah yang telah terbit secara online (seperti pada repository institusi atau website milik penulis) yang akan meningkatkan produktivitas rujukan dan sitasi dari naskah yang telah terbit.
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) by jurnal.univbinainsan.ac.id/index.php/jusim is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.