RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMASARAN PRODUK UNGGULAN BAGI KELOMPOK USAHA KERAJINAN KABUPATEN PRINGSEWU LAMPUNG

  • Universitas Mitra Indonesia
Keywords: Rancang Bangun; Pemasaran; Usaha Kerajinan

Abstract

Kabupaten Pringsewu merupakan satu dari 15 Kabupaten Kota yang berada di Provinsi Lampung dengan Luas wilayah 625 km2. Disana banyak kelompok-kelompok usaha yang hampir penduduknya menjual hasil industri kerajinan atau produk unggulan mereka seperti Kerajinan anyaman bambu, Kerajinan Tapis, Kerajinan Batik, Kerajinan hasil tanah liat, usaha makanan ringan, industri batu bata dan genteng.  Tetapi  proses pemasaran atau penjualannya masih dilakukan secara konvensional yaitu penjualan hanya bisa dilakukan pada wilayah itu saja dikarenakan terbatasnya wilayah area promosi atau pemasaran selain itu pembelipun harus datang langsung ke tempat transaksi atau penjual. Tidak maksimalnya pemasaran suatu produk dapat mengakibatkan tinggi rendahnya suatu pendapatan atau penghasilan dari kelompok usaha tersebut. Semua hal itu dikarenakan belum adanya media yang dapat digunakan untuk melakukan pemasaran secara online tanpa dibatasi oleh wilayah pemasaran dan waktu pemasarannya.Tujuan dari penelitian ini adalahmerancang sebuah sistem informasi pemasaran atau penjualan berupa aplikasi penjualan berbasis online (website) untuk meningkatkan penjualan produk unggulan terutama hasil kerajinan anyaman bambu, kerajinan tapis, batik dan usaha makanan ringan yang dihasilkan oleh kelompok usaha yang ada di Kabupaten Pringsewu.

References

[1] Jogiyanto, Sistem Teknologi Informasi. Jogyakarta, 2014.
[2] J. Hutahean, “Konsep Sistem Informasi,” https://www.academia.edu/35027836/KONSEP_SISTEM_INFORMASI?a uto=download,.
[3] M. Subhan, Analisa Perancangan Sistem. Andi Offset, 2012.
[4] G. Kotler, Philip & Armstrong, Prinsip-Prinsip Manajemen Edisi 14, Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2014.
[5] A. P. Fitriana, R. Kurniawan, W. Barlianto, Marketing Information System Online Design For Craftsmen Small Medium Enterprise (Case Study : Craftsmen AC). Joint Conference IMEC & APCOM, 2015.
[6] S. . Turki, “The Role Of Marketing Information System on Decision Making an Applied Study on Royal Jordanian Airlines (RJA),” Int. J. Bus. Soc. Sci., vol. 2, no. 3, 2011.
[7] A. Hasan, Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS, 2014.
[8] A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset, 2014.
[9] J. Simarmata, Rekayasa WEB. Yogyakarta: Andi Offset, 2011.
[10] M. MF, Buku Sakti Pemrograman WEB Seri PHP. Yogyakarta: STARUP, 2018.
[11] B. Sidik, Pemrograman WEB dengan PHP. Bandung: Informatika, 2012.
[12] S. Buana, Jago Pemrograman PHP. Jakarta: Media Kita, 2014.
[13] M. S. A.S Rosa, Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2014.
[14] S. Mulyani, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen dengan Notasi UML. Bandung: Abdi Sistematika, 2016.
[15] P. Irfan and C. Satria, “Sistem Informasi Pemasaran Produk Desa,” vol. 11, no. 28, pp. 214–221, 2019.
[16] W. A. Pratama, R. Rahayu, and S. Informasi, “Sistem Informasi Pemasaran Produk Usaha Kecil Menengah Berbasis WEB pada Galeri UKM Soppeng,” vol. 2, no. April, pp. 61–69, 2019.
[17] S. Sunandha et al., “The Era of e-Commerce & Online Marketing : Risks Associated with Online Shopping,” vol. 8, no. 8, 2019.
[18] N. Iriadi and N. Rosdiana, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Minuman Kemasan Berbasis Web Pada Toko Bambu Sejahtera Bekasi,” vol. V, no. 1, pp. 42–47, 2017.
[19] S. Sholahudin, “Unified Modelling Language,” Academia Edu, 2013.
Published
2022-12-01