ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP SISTEM UJI PLAGIASI MENGGUNAKAN METODE PIECES

Main Article Content

Fido Rizki
Asep Toyib Hidayat
Zulfauzi Zulfauzi

Abstract

Sistem uji plagiasi merupakan sistem yang digunakan untuk mendata serta memproses data jurnal-jurnal mahasiswa untuk dilakukan uji kelayakan menggunakan turnitin, karena saat ini penggunaan turnitin di Universitas Bina Insan masih sangat terbatas maka mahasiswa yang akan melakukan uji plagiat terhadap jurnal nya harus mengirimkan jurnal nya ke sistem uji plagiasi guna dilakukan uji plagiasi oleh tim LPPM, saat ini sistem uji plagiasi tersebut belum dilakukannya analisis terhadap tingkat kepuasan pengguna dari sistem uji plagiasi tersebut. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode PIECES dalam mengukur tingkat kepuasan pengguna. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa setiap variabel pada karangka PIECES berpangaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan penggunaan sistem uji plagiasi.

Article Details

Section
Article

References

[1] F. Rizki, D. Irawan, and A. T. Hidayat, “Penerapan Api Whatsapp Dalam Pelayanan Uji Plagiasi Universitas Bina Insan Berbasis Web Mobile,” vol. 9, no. 3, pp. 528–535, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i3.4054.
[2] A. Supriyatna, “Analisis dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem informasi Perpustakaan dengan Menggunakan PIECES Framework PERPUSTAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN PIECES FRAMEWORK,” J. Pilar, vol. 11, no. 1, 2015.
[3] H. O. L. Wijaya, “IMPLEMENTASI METODE PIECES PADA ANALISIS WEBSITE KANTOR PENANAMAN MODAL KOTA LUBUKLINGGAU,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 3, no. 1, pp. 46–55, 2018, doi: 10.32767/jusim.v3i1.289.
[4] Y. Asbar and M. A. Saptari, “Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES,” J. Visioner Strateg., vol. 6, no. 2, pp. 39–47, 2017.
[5] I. G. N. A. Suaryana, E. Damayanthi, and L. Merkusiwati, “Kualitas dan Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,” J. Ilm. Akunt. dan Bisnis, vol. 11, no. 2, p. 84, 2017, doi: 10.24843/jiab.2016.v11.i02.p03.
[6] Juwandi and F. Africano, “Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Individu Karyawan PT Thamrin Brothers Palembang,” no. x, pp. 1–20, 2018.
[7] A. Supriyatna and V. Maria, “Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi DJP Online dengan Kerangka PIECES,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 2, p. 88, 2018, doi: 10.23917/khif.v3i2.5264.
[8] Y. Asbar and M. A. Saptari, “Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES,” J. Visioner Strateg., vol. 6, no. 2, pp. 39–47, 2017.
[9] I. G. N. A. Suaryana, E. Damayanthi, and L. Merkusiwati, “Kualitas dan Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,” J. Ilm. Akunt. dan Bisnis, vol. 11, no. 2, p. 84, 2017, doi: 10.24843/jiab.2016.v11.i02.p03.
[10] S. Loindong and S. Moha, “Analisis Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Di Kota Manado,” J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 4, no. 1, pp. 575–584, 2016.