APLIKASI BUDIDAYA AYAM DOC (DAY OLD CHICKEN) BERBASIS WEB MOBILE

Main Article Content

Agus Setiawan
Eko Eko

Abstract

Bisnis ternak ayam memang menjadi salah satu bisnis yang tiada pernah habis bahkan menjadi salah satu bisnis yang cukup menguntungkan. Beternak ayam pun juga tidak terlalu sulit untuk diterapkan, bisa dimulai dengan modal yang kecil. Untuk memulai usaha budidaya ayam bisa diterapkan di lahan yang kecil atau di pekarangan rumah. Dalam beternak ayam sebenarnya cukup baik untuk diternakkan di kota Palembang. Karena di kota Palembang sendiri cuaca yang lumayan baik untuk perkembangan ayam. Untuk ketahanan terhadap perubahan iklim dan cuaca, ayam memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik apabila dipelihara dengan baik. Ayam DOC atau DOC Ayam (Day Old Chicken) adalah ayam dengan umur dibawah 10 hari dan paling lama 14 hari setelah ayam itu menetas, DOC ayam biasanya dipakai untuk istilah ayam pedaging atau ayam potong. Ayam dengan umur 1 hari dan paling lama 14 hari ini biasanya dijadikan sebagai bibit untuk diternakan oleh peternak ayam khususnya peternak ayam potong. Berat atau bobot dari ayam DOC yang normal rata-rata dikisaran 35-40 gram per ekornya. DOC ayam sendiri sangat menentukan keberhasilan dari ternak ayam. Beternak atau mengembangkan ayam DOC sebenarnya tidak terlalu sulit, akan tetapi minimnya informasi mengenai budidaya ayam doc mulai dari persiapan kandang yang kurang memadai, jenis makanan yang dipakai tidak tepat, vitamin yang digunakan tidak tepat, serta waktu vaksin yang belum tepat membuat peternak sering mengalamai kegagalan. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem yang berbasis web mobile yang dapat digunakan oleh peternak ayam untuk mendapatkan informasi tentang budidaya ayam DOC serta dapat digunakan untuk menghitung perkiraan biaya budidaya ayam DOC.

Article Details

Section
Article

References

[1] S. Pertanian, “Pengertian DOC ayam atau ayam DOC (Day old chicken).” 2017.
[2] F. Faraj, A. F. Rochim, and R. Kridalukmana, “Pengembangan dan Implementasi Aplikasi Pengawasan Ternak Berbasis Android di Peternakan Bukit Aren Farm Majalengka,” Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 3, no. 4. p. 544, 2015, doi: 10.14710/jtsiskom.3.4.2015.544-551.
[3] Suherman, “Sistem Informasi Ternak Ayam Broiler Berbasis Web,” Jurnal Teknologi Pelita Bangsa, vol. 7, no. 2407–3903. 2017, [Online]. Available: http://www.albayan.ae.
[4] R. Monika, “PENGERTIAN APLIKASI KOMPUTER,” 2014. https://rikhamonika.wordpress.com/2014/02/17/pengertian-aplikasi-komputer/.
[5] D. Pendidikan, “Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli,” 2019. .
[6] A. A. Hamzah, “Profil Komoditas Telur Ayam Ras,” vol.
1.
pp. 7–8, 2020.
[7] P. dan Bruce, Software Engineering: A Practitioner’s Approach, Approach E. Singapore: McGraw-Hill Education, 2014.