SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI AKADEMIK PRODI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS PGRI SILAMPARI BERBASIS WEBSITE

Main Article Content

Nopalia Nopalia
Ahmad Marsehan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi yang tepat dan akurat dalam pengaksesan data-data akademik, berupa data dosen, data mahasiswa, data mata kuliah, data jadwal perkuliahan dan data nilai, maka informasi dapat dirangkum dalam sebuah sistem informasi administrasi akademik berbasis website, metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall, maetode pengembangan sistem waterfall adalah sebuah metode yang digunakan untuk melakukan pembuatan sistem yang dimulai dari tahapan analsis kebutuhan sistem, desain sistem, pengkoden dan implementasi, hasil dari penelitian ini adalah sistem dapat mengolah dan memberikan informasi akademik kepada para pihak universitas melalui perangkat mobile secara online, pengolahan data yang dilakukan menjadi lebih efektif dan efisien serta pelaporan data akademik lebih mudah dalam pengelolaannya.

Article Details

Section
Article

References

[1] B. Hartono, Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
[2] A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2014.
[3] T. Sutabri, Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2012.
[4] I. M. B. Adnyana, “Perancangan Sistem Informasi Akademik STIKES Wira Medika Bali Berbasis Desktop,” J. Sist. dan Inform., vol. 10, no. 2, pp. 49–58, 2016.
[5] J. C. W, “Implementasi Sistem Informasi Akademik (Studi Kasus : SMP Negeri 20 Bandung),” J. Ilm. Progr. Stud. Sist. Inf., vol. 1, 2013.
[6] M. Mundzir, PHP Tutorial Book for Beginner. Yogyakarta: Notebook, 2014.
[7] D. Winarno, Grafik dan Animasi Web dengan HTML 5. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2015.
[8] E. P. Utomo, Mobile Web Programming. Yogyakarta: Andi, 2013.
[9] A. . Rosa and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2015.
[10] I. Sunoto, “Perancangan Sistem Informasi Administrasi Akademik Berbasis WEB,” Fakt. Exacta, vol. 5, no. 2, pp. 146–155, 2015, [Online]. Available: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/download/189/180
[11] M. Siddik and A. Sirait, “Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Akademik Dengan Rancangan Modul Program Menggunakan Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek,” JOISIE (Journal Inf. Syst. Informatics Eng., vol. 2, no. 1, p. 51, 2019, doi: 10.35145/joisie.v2i1.251.
[12] L. Tastilia, D. A. Megawaty, and A. Sulistiyawati, “Sistem Informasi Administrasi Akademik Untuk Meningkatkan Pelayanan Terhadap Siswa (Study Kasus : Sma Pgri Katibung),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 63–69, 2022, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI