Pengaman Pintu Otomatis Menggunakan Keypad Matriks Berbasis Mikrokontroler At89s52 Pada LABORATORIUM STMIK-MURA Lubuklinggau

Main Article Content

Yunita Trimarsiah

Abstract

Penggunaan pengaman pintu otomatis menggunakan keypad matriks berbasis mikrokontroller AT89S52 pada laboratorium STMIK-MURA Lubuklinggau dikarenakan pada pintu laboratorium tersebut masih menggunakan pintu manual. Komponen yang digunakan pada tugas akhir ini terdiri dari Keypad matriks dan Switch yang berfungsi sebagai input, mikrokontroller AT89S52 berfungsi sebagai pengolah data atau pemroses dari sistem kerja rangkaian, LCD yang berfungsi sebagai penampil digital untuk pertanda bahwa pintu terbuka dan tertutup serta menampilkan kode pada keypad yang ditekan, buzeer berfungsi sebagai tanda apabila pengetikan kode pada keypad matrkis terjadi kesalahan maka buzeer akan berbunyi, dan driver motor L293D yang berfungsi sebagai driver untuk menggerakakn motor DC sebagai pembuka pintu setelah mengetik kode pada keypad matrkis dan program yang digunakan penulis untuk membuat tugas akhir ini adalah Basic Compiler (BASCOM-8051)

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Article

References

Didin Wahyudin, 2006. Belajar Mudah Mikrokontroler AT89S52 dengan Bahasa Basic Menggunakan BASCOM-8051.Penerbit ANDI Yogyakarta.

Usman, 2008. Tehnik Antarmuka + Pemrograman Mikrokontroler AT89S52.Penerbit ANDI Yogyakarta.

Ardi Winoto, 2008. Mikrokontroller AVR ATmega8/32/16/8535 dan pemrogramannya dengan Bahasa C pada WinAVR. Penerbit Informatika Bandung.