Sistem Informasi Analisa persediaan barang pada industri percetakan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ)

Main Article Content

Satria nansyah

Abstract

Tujuan utama perusahaan adalah untuk mendapatkan keuntungan yang optimal. Berdasarkan faktor-faktor ini, pasokan sangat penting untuk mencapai keuntungan optimal karena jika pembelian bahan baku tidak direncanakan dengan baik maka akan mempengaruhi biaya produksi dan biaya penyimpanan akan mempengaruhi harga jual produk, sejumlah besar produk diproduksi agar sesuai dengan spesifikasi. dan sesuai dengan keinginan pelanggan. Metode seleksi Economic Order Quantity (EOQ) karena metode ini menyediakan model untuk menghitung ulang titik pemesanan yang sesuai dan mengurutkan ulang jumlah barang yang optimal untuk memastikan persediaan agar tidak terjadi kekurangan. Pada sistem informasi persediaan menggunakan perhitungan Economic Order Quantity (EOQ) untuk mengukur EOQ dan Re Order Point (ROP) yang bertujuan memberikan umpan balik pada perusahaan yang memesan barang secara optimal kuantitas dan ekonomis serta waktu yang tepat untuk melakukan pemesanan.

Article Details

Section
Article

References

Arpita, R., Shib , S.S., dan Kripasindhu , C., 2016. Joint decision on EOQ and pricing strategy of a dual channel of mixed retail and e-tail comprising of single manufacturer and retailer under stochastic demand. Computers & Industrial Engineering.

Assauri, S., 2008. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: LPFEUI.
Rosa, A.S., dan Salahuddin M, 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Modula, Bandung.

Boray H., dan Andy,. W. 2016. EOQ model with batch demand and planned backorders. Applied Mathematical Modelling 40.5482–5496