PERANCANGAN SISTEM PENDAFTARAN SERTIFIKASI KOMPETENSI DAN KUALIFIKASI PERUSAHAAN PADA KAMAR DAGANG DAN INDUSTRI KOTA LUBUKLINGGAU BERBASIS FRAMEWORK

Main Article Content

Toiba Toiba
Elmayati Elmayati

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah pendaftaran sertifikasi yang masih bersifat manual dimana pemohon harus datang ke kantor Kamar Dagang dan Industri Kota Lubuklinggau, mengisi formulir yang masih ditulis tangan sehingga membutuhkan banyak biaya, tenaga dan waktu. Berkas laporan yang masih berifat manual dengan mencatat di kertas dan penyimpanannya menggunakan lemari arsip sehingga menyebabkan data pemohon sertifikasi sering hilang dan rusak. Memerlukan waktu yang lama dalam pencarian data dikarenakan data tersimpan dalam bentuk hard copy. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan sistem pendaftaran sertifikasi kompetensi dan kualifikasi perusahaan secara online bebasis website dengan menggunakan Framework Codeigniter yang dapat mempermudah proses pendaftaran sertifikasi kompetensi dan kualifikasi perusahaan. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  menggunakan metode Prototipe, dimulai dari mengumpulkan kebutuhan pelanggan terhadap perangkat lunak yang akan dibuat. Lalu dibuatlah program prototipe agar pelanggan lebih terbayang dengan apa yang sebenarnya diinginkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program mengenai perancangan sistem pendaftaran sertifikasi kompetensi dan kualifikasi perusahaan pada Kamar Dagang dan Industri Kota Lubuklinggau berbasis framework adalah website pendaftaran sertifikasi kompetensi dan kualifikasi perusahaan secara online dengan menggunakan bahasa pemrograman framework codeigniter dan database Mysql serta Notepad++.   Dapat disimpulkan bahwa website  dapat menyajikan data pemohon, pendaftaran, biaya registrasi, sertifikat dan laporan.

Article Details

Section
Article

References

[1] E. R. Susanto and F. Ramadhan, “Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Web Perizinan Praktik Tenaga Kesehatan Menggunakan Framework Codeigniter Pada Dinas Kesehatan Kota Metro,” J. Tekno Kompak, vol. 11, no. 2, p. 55, 2017, doi: 10.33365/jtk.v11i2.173.

[2] S. S. Romadhon and Desmulyati, “Perancangan Website Sistem Informasi Simpan Pinjam Menggunakan Framework Codeiginter Pada Koperasi Bumi Sejahtera Jakarta Desmuly,” J. Inf. Syst. Informatics Comput., vol. 3, no. 1, pp. 21–28, 2019, [Online]. Available: http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicom/article/view/69/64%0Ahttp://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicom/article/view/69.
[3] Munawar, ANALISIS PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK dengan UML. Informatika Bandung, 2018.
[4] Subandi, Sistem Ekonomi Indonesia. Alfabeta, 2018.
[5] H. Jatnika, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PESERTA SERTIFIKASI (Studi kasus LSP Piksi Ganesha),” Petir, vol. 9, no. 2, pp. 138–144, 2019, doi: 10.33322/petir.v9i2.180.
[6] Anonim, “Kamar Dagang dan Industri Indonesia,” 2017. https://www.kadin-indonesia.com/dokumen/9.pdf.
[7] Anonim, “Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1987 Tentang Kamar Dagang dan Industri,” Tetrahedron Lett., vol. 28, no. 44, pp. 5241–5244, [Online]. Available: https://badansertifikasikadindkijakarta.or.id/files/81kadin-indonesia20110311152142.pdf.
[8] B. Sidik, Framework CodeIgniter 3. Bandung: Informatika Bandung, 2018.
[9] B. Raharjo, Belajar Otodidak Framework CodeIgniter, Edisi Revi. Bandung: Informatika Bandung, 2018.
[10] R. A.S and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Edisi Revi. Bandung: Informatika Bandung, 2018.