ANALISIS LAYANAN TI PADA DOMAIN SERVICE OPERATION DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL V3

Main Article Content

Winata Nugraha
Edi Surya Negara

Abstract

Operasional bisnis PT. PLN (Persero) ULP sudah memanfaatkan TI dalam meberikan pelayanannya yang berupa sistem informasi berbasis website, layanan yang diberikannya seperti pelayanan online pemasangan listrik baru, penambahan daya listrik dan penyambungan sementara. Namun dalam penerapan operasional layanan TI yang berjalan belum sepenuhnya mengarah pada satu pengelolaan yang mengacu pada pedoman manajemen TI. Untuk memaksimalkan kinerja layanan TI, implementasi dari manajemen insiden dan masalah dengan kerangka kerja Information Technology Infrastructure Library (ITIL) merupakan salah satu solusi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas layanan TI di PT. PLN (Persero) ULP Lubuklinggau. Domian pada framerwork ITIL V3 yang digunakan dalam penelitian ini adalah domain service operation. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa tingkat kematangan dari proses event management, incident management, dan problem management berada pada level 3 atau Defined serta request fulfillment berada pada level 2 atau Repeatable. Dengan nilai 3,06 untuk event management, nilai 3,12 untuk incident management, nilai 2,54 untuk request fulfillment, nilai 3,24 untuk problem management.

Article Details

Section
Article

References

[1] M. K. Anam, N. Lizarti, and A. N. Ulfah, “Analisa Tingkat Kematangan Sistem Informasi Akademik STMIK Amik Riau Menggunakan ITIL V3 Domain Service Operation,” Fountain Informatics J., vol. 4, no. 1, p. 8, 2019, doi: 10.21111/fij.v4i1.2810.
[2] A. S. Safitri Cahya Indah, Supriyadi Didi, “Analisis Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL V3,” J. Jupiter, vol. 1, no. 1, pp. 134–144, 2021.
[3] A. R. Bata and A. D. Manuputty, “Analisis Layanan Manajemen Teknologi Informasi dengan Service Strategy ITIL V.3 (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Kesehatan UKSW) Artikel Ilmiah,” Universitas Kristen Satya Wacana, 2017.
[4] D. Herlinudinkhaji, “Evaluasi Layanan Teknologi Informasi ITIL Versi 3 Domain Service Desain pada Universitas Selamat Sri Kendal,” Walisongo J. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, p. 61, 2019, doi: 10.21580/wjit.2019.1.1.4005.
[5] A. B. Febriant, Y. T. Mursityo, and A. Rachmadi, “Evaluasi Maturity Level Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Framework Itil V3 Domain Service Operation Pada 24Slides Corporation,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 6, pp. 5608–5615, 2019.
[6] S. Hastini and W. Cholil, “Analisa Komponen ITSM Pada E-learning Perguruan Tinggi Di Kota Palembang Menggunakan ITIL V.3,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 1, pp. 79–91, 2021.
[7] A. G. P. Kusuma and W. Hidayat, “Peningkatan Kinerja Organisasi TI Berdasarkan Metode DMAIC Dengan Pendekatan,” JENIUS, vol. 5, no. 1, pp. 32–49, 2021.