ANALISIS LAYANAN TI PADA DOMAIN SERVICE OPERATION DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL V3
Main Article Content
Abstract
Operasional bisnis PT. PLN (Persero) ULP sudah memanfaatkan TI dalam meberikan pelayanannya yang berupa sistem informasi berbasis website, layanan yang diberikannya seperti pelayanan online pemasangan listrik baru, penambahan daya listrik dan penyambungan sementara. Namun dalam penerapan operasional layanan TI yang berjalan belum sepenuhnya mengarah pada satu pengelolaan yang mengacu pada pedoman manajemen TI. Untuk memaksimalkan kinerja layanan TI, implementasi dari manajemen insiden dan masalah dengan kerangka kerja Information Technology Infrastructure Library (ITIL) merupakan salah satu solusi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas layanan TI di PT. PLN (Persero) ULP Lubuklinggau. Domian pada framerwork ITIL V3 yang digunakan dalam penelitian ini adalah domain service operation. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa tingkat kematangan dari proses event management, incident management, dan problem management berada pada level 3 atau Defined serta request fulfillment berada pada level 2 atau Repeatable. Dengan nilai 3,06 untuk event management, nilai 3,12 untuk incident management, nilai 2,54 untuk request fulfillment, nilai 3,24 untuk problem management.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskah pada jurnal ini setuju tentang hal-hal berikut ini: 1. Penulis memegang hak cipta untuk proses, prosedur, atau artikel yang dideskripsikan pada naskah dan memberikan hak kepada jurnal untuk pertama kali mempublikasikan naskah dibawah Creative Commons Attribution License yang memperbolehkan orang lain untuk menyebarkan hasil penelitian dengan pengakuan hak cipta penulis dan jurnal. 2. Penulis memegang hak untuk mempublikasikan kembali semua atau sebagian hasil penelitian pada naskah lain tetapi tidak memberikan hak kepada pihak ketiga lain untuk mencetak dan mempublikasikan ulang hasil penelitian yang sama. 3. Penulis diperbolehkan dan disarankan untuk menginformasikan naskah yang telah terbit secara online (seperti pada repository institusi atau website milik penulis) yang akan meningkatkan produktivitas rujukan dan sitasi dari naskah yang telah terbit.
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) by jurnal.univbinainsan.ac.id/index.php/jusim is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
[2] A. S. Safitri Cahya Indah, Supriyadi Didi, “Analisis Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL V3,” J. Jupiter, vol. 1, no. 1, pp. 134–144, 2021.
[3] A. R. Bata and A. D. Manuputty, “Analisis Layanan Manajemen Teknologi Informasi dengan Service Strategy ITIL V.3 (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Kesehatan UKSW) Artikel Ilmiah,” Universitas Kristen Satya Wacana, 2017.
[4] D. Herlinudinkhaji, “Evaluasi Layanan Teknologi Informasi ITIL Versi 3 Domain Service Desain pada Universitas Selamat Sri Kendal,” Walisongo J. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, p. 61, 2019, doi: 10.21580/wjit.2019.1.1.4005.
[5] A. B. Febriant, Y. T. Mursityo, and A. Rachmadi, “Evaluasi Maturity Level Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Framework Itil V3 Domain Service Operation Pada 24Slides Corporation,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 6, pp. 5608–5615, 2019.
[6] S. Hastini and W. Cholil, “Analisa Komponen ITSM Pada E-learning Perguruan Tinggi Di Kota Palembang Menggunakan ITIL V.3,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 1, pp. 79–91, 2021.
[7] A. G. P. Kusuma and W. Hidayat, “Peningkatan Kinerja Organisasi TI Berdasarkan Metode DMAIC Dengan Pendekatan,” JENIUS, vol. 5, no. 1, pp. 32–49, 2021.