ANALISIS USER EXPERIENCE PADA WEBSITE SMK NEGERI TUGUMULYO BERBASIS USER EXPERIENCE QUESTIONAIRE (UEQ

Main Article Content

Anita Maharani
Bunga Intan
Andrianto Tri Susilo

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah belum diketahui seberapa besar tingkat pemahaman user terhadap website SMK Negeri Tugu Mulyo dan belum diketahui apakah posisi website SMK Negeri Tugumulyo berada pada posisi yang baik atau belum, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah UEQ dapat digunakan untuk menilai pengalaman pengguna untuk setiap jenis produk interaktif, Konstruksi User Experience Questionaire (UEQ) memiliki 6 (enam) variabel  pengukuran dengan 26 item pertanyaan di dalamnya, hasil dari penelitian ini adalah Pada skala daya tarik, hasil dari Website SMK Negeri Tugumulyo mencapai nilai rata- rata 1.66 dengan begitu skala daya tarik berada pada nilai good. Selanjutnya skala kejelasan, Website SMK Negeri Tugumulyo mendapat nilai rata-rata mencapai 1.72 yaitu berada pada katagori rata-rata. Untuk selanjutnya skala efisiensi, mendapat nilai mencapai 1.79 dengan begitu skala efisiensi juga berada pada nilai baik. Skala selanjutnya yaitu ketepatan, untuk skala ini Website SMK Negeri Tugumulyo bang mendapat nilai yaitu 1.37 yaitu nilai rata-rata. Pada skala stimulasi, mendapat nilai 1.29 yaitu nilai rata-rata. Pada skala terakhir yaitu kebaruan, Website SMK Negeri Tugumulyo mendapatkan nilai sebesar 0.89 yaitu nilai rata-rata

Article Details

Section
Article

References

[1] I. R. Wulandari and L. D. Farida, “Pengukuran User Experience Pada E-Learning Di Lingkungan Universitas Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” J. Mantik Penusa, vol. 2, no. 2, pp. 146–151, 2018.
[2] S. R. Henim and R. P. Sari, “Jurnal Politeknik Caltex Riau Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire,” J. Politek. Caltex Riau, vol. 6, no. 1, pp. 69–78, 2020.
[3] S. V. Izabal, I. Aknuranda, and H. M. Az-zahra, “Evaluasi dan Perbaikan User Experience Menggunakan User Experience Questionnaire ( UEQ ) dan Focus Group Discussion ( FGD ) pada Situs Web FILKOM Apps Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 9, pp. 3224–3232, 2018.
[4] F. Halim, Handoko, and S. H. Marpaung, “Penilaian User Experience Fiori Bussim Menggunakan User Experience Questionaire ( Ueq ) Dan Pengaruhnya Terhadap,” Sebatik, vol. 24, no. 1, pp. 102–112, 2020.
[5] M. Audi, R. I. Rokhmawati, and H. M. Az-zahra, “Analisis Aspek Usability dan User Experience Website dan Aplikasi Mobile Radio Streaming ( Studi Pada Website dan Aplikasi Mobile Radio Prambors ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 12, pp. 6391–6400, 2018.
[6] W. A. Febrianto and W. H. N. Putra, “Aplikasi Sistem Informasi Puskesmas Paperless menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: Puskesmas Tarik),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 6, pp. 6099–6106, 2019.
[7] J. Saputra et al., “Analisis Kualitas Website Institut XYZ Menggunakan Metode Webqual dan IPA,” J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI, vol. 5, no. 1, p. 318, 2021.
[8] H. O. L. Wijaya and P. ; B. Mandala, “Evaluasi Website Open Journal System Menggunakan Metode Webqual,” J. Teknol. Inf. Mura, vol. 12, no. 1, pp. 68–75, 2020.
[9] M. Nurdin, A. Muhaemin, T. Informatika, F. Teknik, and U. S. Buana, “Mengukur User Experience Sistem Informasi Akademik,” pp. 7–10, 2020.