EVALUASI PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA FACEBOOK DAN WHATSAPP TERHADAP LAYANAN INFORMASI AKADEMIK
Main Article Content
Abstract
Abstract
The problem in this study was, there where no researchs about satisfy level of Facebook and WhatsApp social media user for academic service. This study was refers to SERVQUAL (Service Quality) method in descriptive qualitative by measuring 5 indicators they were tangible, reability, responsivenes, assurance, and emphaty. This study show that there was an effect between five variables and Facebook and WhatsApp social media user to ward Academic Service Satisfy at Economic and Business Faculty of Bina Insan University Lubuklinggau. The conclusion of this study show that five variables tangible, reability, responsivenes, assurance, and emphaty was valid and reliable. By measuring Facebook and WhatsApp social media user satisfy level. It expected Facebook and WhatsApp social media will be one of connection in developing teaching, research, and community service process between lectures, teachers, and students.
Keywords : facebook and WhatsApp social media, SERVGQUAL (Service Quality) method
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskah pada jurnal ini setuju tentang hal-hal berikut ini: 1. Penulis memegang hak cipta untuk proses, prosedur, atau artikel yang dideskripsikan pada naskah dan memberikan hak kepada jurnal untuk pertama kali mempublikasikan naskah dibawah Creative Commons Attribution License yang memperbolehkan orang lain untuk menyebarkan hasil penelitian dengan pengakuan hak cipta penulis dan jurnal. 2. Penulis memegang hak untuk mempublikasikan kembali semua atau sebagian hasil penelitian pada naskah lain tetapi tidak memberikan hak kepada pihak ketiga lain untuk mencetak dan mempublikasikan ulang hasil penelitian yang sama. 3. Penulis diperbolehkan dan disarankan untuk menginformasikan naskah yang telah terbit secara online (seperti pada repository institusi atau website milik penulis) yang akan meningkatkan produktivitas rujukan dan sitasi dari naskah yang telah terbit.
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) by jurnal.univbinainsan.ac.id/index.php/jusim is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
[2] Fathoni, “‘Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Menggunakan Servqual,.’” Konf. Nas. Sist. dan Inform., pp. 185–188, 2009.
[3] S. Assegaff, “‘Evaluasi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Knowledge Sharing,’” J. Manaj. Teknol, vol. 16, no. 3, pp. 271–293, 2017.
[4] S. Hamdi,M and Ismaryati, “‘Filosofi Penelitian,’” in Metodol. Penelit. Adm, 2014, pp. 1–38.
[5] M. Edi Suryadi, M.P dan Hidayat Ginanjar, “‘Penggunaan Sosial Media WhatsApp Dan Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam,’” J. Pendidik. Islam, vol. 7, no. 1, 2018.
[6] A. H. dan Y. Luthfi Nugraha, “‘Usulan Peningkatan Kualitas Pengguna Jasa Pendidikan Bahasa Inggris Menggunakan Metode Service Quality (Servqual) Di Lbpp Lia Martadinata Kota Bandung,’” J. Online Inst. Teknol. Nas. ©Jurusan Tek. Ind. Itenas, vol. 22, no. 1, pp. 1–2, 2015.
[7] R. Utama, “Teknik Sampling dan Penentuan Jumlah sampel,.” 2018.
[8] A. Ratna Wulan, “‘Pengertian Dan Esensi Konsep Evaluasi, Asesmen, Tes, Dan Pengukuran.,’” 2016, pp. 1–12.
[9] D. S. U. Yani, “Evaluasi Pengguna Perpustakaan dengan Menggunakan Metode Servqual pada Perpustakaan Politeknik Negeri Medan,.” 2018.
[10] D. P. Ashari, “‘Motif Interaksi Sosial pada Social Networking Secret ( Studi Deskriptif Pengguna Social Networking Secret di Kalangan Mahasiswa Kota Bandung ),’” in e-Proceeding Manag. Vol.2, No.3 Desember 2015, vol. 2, no. 3, 2015, pp. 3977–3983.
[11] G. Ni’mah, “‘Penggunaan Internet Sebagai Media Komunikasi Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa,’” IOSR J. Econ. Financ., vol. 3, no. 1, 2016.
[12] A. Rahman, “Bentuk-Bentuk Komunikasi Dalam Pembelajaran.” 2016.
[13] A. D. Kurnia, “‘Mobile Computing System ( WhatsApp ),’” 2015, p. 30.
[14] R. Z, “Sikap, dan Perilaku Manusia,.” Yogyakarta: Nuha Medika, 2015.
[15] A. D. Muryadi, “‘Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi,’” J. Ilm. penjas, ISSN 2442-3874, vol. 3, no. 6, pp. 67–72, 2017.
[16] I. Zaiyuna, “Pemanfaatan smartphone sebagai sarana pengembangan informasi mahasiswa KPI Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Walisongo Semarang,.” 2014.
[17] R. Zulfiningrum, “‘Pengantar Ilmu Komunikasi,’” pp. 185–434.
[18] “‘Pengaruh 5 Dimensi Servqual Terhadap Penentuan Strategi Pemasaran Di Lor In Hotel Syariah Solo.,’” p. 135, 2015.
[19] R. Susilana, “‘Modul Populasi dan Sampel,’” in Modul Praktikum, 2015, p. 9.
[20] and M. Z. E. Saverin, A. Mccollum, D. Moskovitz, A. Mccollum, C. Hughes, “‘Artikel ini berisi uraian tentang situs web Facebook,’” 2019.
[21] Erlang, “‘WhatsApp Messenger atau WhatsApp,.’” 2019, [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=WhatsApp&oldid=14839316.
[22] D. A. Dewi, “‘Uji Validitas Dan Reliabilitas,’” in vol. 7, no. 1, 2018, pp. 17–23.