SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN JENIS TANAMAN PANGAN DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Main Article Content

Andri Anto Tri Susilo
Lukman Sunardi

Abstract

Indonesia merupakan negara yang subur yang memiliki beraneka ragam tanah yang dapat ditanami berbagai jenis tanaman. Untuk menentukan jenis tanaman yang cocok untuk ditanam petani harus dapat mengambil keputusan tanaman apa yang cocok berdasarkan jenis tanah. Untuk itu dengan kemajuan sistema pakar maka masalah ini dapat diatasi dengan merancang sebuah sistema pendukung keputusan menentukan jenis tanaman yang cocok untuk ditanam. Sistem yang berbasis web dapat memberikan keputusan yang tepat yang dibantu pengambilan keputusan dengan menggunakan metode AHP yang dapat melakukan perhitungan dengan membandingkan kriteria dan alternatif yang akan diambil keputusan. Sistema ini dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman web dan database MySQL. Adapun hasil dari sistem ini dapat mendukung pengambilan keputusan tiga alternatif yaitu umbi-umbian, buah-buah dan biji-bijian dan kriteria tanah yang digunakan seperti regonosol, organosol, alluvial dan latasol.

Article Details

Section
Article
Author Biography

Andri Anto Tri Susilo, STMIK Musi Rawas

Teknik Informatika

References

[1] A. Munthafa and H. Mubarok, “Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Berprestasi,” Jurnal Siliwangi, vol. 3, no. 2. pp. 192–201, 2017.
[2] E. Y. . Doni Saputra, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kondisi Tanah Terbaik Untuk Perkebunan Di Desa Keputran Dengan Metode AHP,” no. 09. pp. 1–9.

[3] N. Dimas Prayoga, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Rumah Sakit Terbaik Di Asahan Menggunakan Metode Ahp (Analitycal Hierarchy Process).” 2018.
[4] N. Aeni Hidayah and E. Fetrina, “RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PEGAWAI DENGAN METODE PROFILE MATCHING (Studi Kasus: Kementerian Agama Kantor Wilayah DKI Jakarta),” Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, vol. 10, no. 2. pp. 127–134, 2017.
[5] D. P. Alam Syah, “Metode Analytical Hierarchy Process: Sistem Rekomender Database Software,” Jurnal Informatika, vol. 1, no. 2. 2014, doi: 10.31311/ji.v1i2.51.